Cara Aktifkan Play Store dengan Mudah

Cara Aktifkan Play Store dengan Mudah

Cara aktifkan Play Store – AsikMain.com. Play Store atau Google Play Store merupakan aplikasi bawaan yang wajib ada dan khususnya sudah terpasang pada perangkat HP Android, Kenapa Wajib?
Tentu saja, karena kita pasti harus menggunakan Play Store untuk download aplikasi penting yang harus kalian miliki di Smartphone seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan berbagai aplikasi penting lain baik untuk kepentingan bisnis sampai aplikasi hiburan. Banyak pengguna HP Android menggunakan Play store untuk download berbagai macam hiburan seperti aplikasi Game, Buku, dan masih banyak lagi.

Dari penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa Play Store memang sangat penting sekali untuk HP Android. Aplikasi Play Store memang harus ada di HP Android kita tidak peduli apapun mereknya, jika HP kita berbasis OS Android, Play Store adalah aplikasi yang wajib.

Cara Menggunakan Play Store sangat mudah sekali, walaupun hanya orang awam yang pertama kali menggunakan HP Android, tetapi dengan mudah orang tersebut akan langsung paham untuk menggunakan Play Store.

Bagi para sobat yang baru saja membeli HP Android, biasanya belum melakukan aktivasi aplikasi Play store, sehingga kalian tentu saja belum bisa menggunakan Play store untuk mengunduh aplikasi apapun, oleh karena itu kalian harus aktifkan play store sebelum menggunakannya.

Cara aktifkan Play Store Berikut Cara Menggunakannya

Cara aktifkan Play Store tidaklah sulit, hanya butuh beberapa cara yang sangat mudah untuk di ikuti, tetapi sebelum itu ada beberapa hal yang harus kita pastikan sebelum aktifkan Play Store yang dapat kalian simak sebagai berikut untuk lebih detailnya.

1. Langkah awal aktifkan Play Store

Sebelum Aktifkan Play store, kita harus memastikan beberapa hal berikut ini karena nantinya akan di gunakan untuk aktivasi akun play store para sobat.

Memiliki akun Gmail atau akun Google

Tentu saja sebelum aktifkan Play store kita harus mempunyai akun google yang sudah aktif, karena akun google ini akan kita gunakan untuk registrasi play store dan melakukan sinkronisasi dengan perangkat HP Android kita.

Tanpa menggunakan akun Gmail atau akun Google, para sobat tidak akan bisa mendaftar play store, sehingga kalian perlu mendaftar akun Google terlebih dahulu di sini : cara membuat akun Google

Setelah kalian memiliki akun Google dan sudah di aktifkan, kita bisa memulai untuk mendaftar dan aktifkan Play store, tetapi sebelumnya masih ada yang harus dipastikan lagi, yaitu ketersediaan aplikasi Play store pada perangkat HP.

Pastikan Play Store sudah terinstal

Jika aplikasi Play store tidak ada bagaimana kita bisa menggunakan?, sehingga para sobat perlu memastikan Play Store sudah terinstal pada perangkat HP Android kalian. Untuk HP Android keluaran pabrik resmi biasanya sudah terinstal aplikasi Play store karena memang Play store ini merupakan salah satu aplikasi bawaan untuk OS Android.

Dalam kasus tertentu, ada HP yang tidak memiliki aplikasi Play Store karena  custom ROM di merek HP tertentu, sehingga para pengguna di haruskan melakukan instal Play store secara manual terlebih dahulu dengan mengunjungi penyedia aplikasi seperti OpenGAPPs, karena biasanya jika para sobat menggunakan HP dengan jenis Custom ROM, produsen sudah menyediakan tempat untuk melakukan download aplikasi di OpenGAPPs.

Cara Aktifkan Play Store dengan Mudah

sumber : androinterest.com

Jika Play Store sudah terinstal dan akun Gmail atau akun Google sudah siap, maka kita hanya perlu mendaftar dan aktifkan Play store supaya bisa menggunakan akses penuh dalam menggunakan play store.

2. Cara Aktifkan Google Play Store

Cara Aktifkan Play Store dengan Mudah

sumber : droidlime.com

Untuk lebih lengkapnya mengenai Cara aktifkan Play store, simak beberapa langkah mudah berikut ini.

Daftar Play Store

Setelah kita mempersiapkan baik aplikasi dan akun Gmail, langsung saja para sobat mendaftar play store supaya segera bisa menggunakannya, caranya sama dengan mendaftar akun media sosial dan akun-akun yang lain.

  • Buka aplikasi Play Store
  • Biasanya akan muncul kotak persetujuan mengenai penggunaan Play Store yang intinya berisi tentang syarat dan ketentuan dalam penggunaan Play Store, Pilih Yes jika para sobat sudah paham.
  • Setelah itu biasanya akan muncul notifikasi yang berupa persetujuan penggunaan lagi, kalian hanya perlu klik “next” sampai pada jendela pengisian email.
  • Jika “add a Google Account” sudah muncul, pilih “Create” untuk membuat akun Google baru atau pilih “login” untuk memasukan akun gmail yang sudah kita daftarkan sebelumnya.
  • Pilih “Login” dan masukan email dan password jika kalian belum login di HP, tetapi jika sudah login di HP, maka proses registrasi akan lebih cepat karena HP Android akan otomatis melakukan sinkronisasi.
  • Pilih Next jika sudah selesai.
  • Tunggu beberapa saat karena Play store sedang melakukan konfirmasi akun email yang kita daftarkan.
  • Jika sudah selesai, kita akan di arahkan untuk membuat Password untuk Play store, buatlah password yang mudah di ingat sehingga tidak akan mudah lupa, atau kalian bisa menyimpan password di Google Keep sehingga data akan aman masuk ke Google Drive
  • Setelah pembuatan password selesai, kalian hanya tinggal memilih lanjut atau next hingga prosedur selesai.
  • Jika semuanya sudah selesai dan jendela pendaftaran tertutup, cobalah cek pada aplikasi Play store apakah kita sudah bisa mengakses data aplikasi atau belum.
  • Jika sudah, maka dengan kata lain kita sudah berhasil aktifkan play store.

Secara umum untuk mengaktifkan play store tidak membutuhkan konfirmasi email ataupun nomor HP, karena Play store akan melakukan sinkronisasi sehingga semua data yang sudah terekam dalam HP Android sudah pasti dapat di akses oleh aplikasi Play store, tetapi email untuk notifikasi juga akan di kirim guna memastikan bahwa para sobat menggunakan akun email yang valid.

3. Menggunakan Aplikasi Play Store

Jika sudah berhasil aktifkan play store, kalian tentu saja dapat dengan bebas melakukan download berbagai aplikasi sesuai kebutuhan. Jika para sobat memperhatikan pada tampilan Play store, maka setiap HP tentu saja berbeda tergantung merek dan serinya, sehingga jangan kaget jika kalian melihat HP Android teman dan ternyata memiliki interface yang berbeda. Hal tersebut bukanlah masalah, karena interface menyesuaikan dengan jenis HP.

Aplikasi Play store juga memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran, biasanya ada beberapa aplikasi yang tidak gratis sehingga kita harus membayar untuk menggunakannya. Dalam kaitannya melakukan pembayaran ini, para sobat bisa menggunakan kartu kredit, Voucher Google play atau juga bisa menggunakan Pulsa dengan mendaftarkan nomor HP pada Play store.

Cara Aktifkan Play Store dengan Mudah

sumber : detik.net.id

Pada aplikasi, buku, maupun Games yang berada pada Play store kita bisa melihat komentar dan rating dari sebuah aplikasi, sehingga kita bisa mempertimbangkan pemasangan aplikasi melalui beberapa tanggapan yang sudah ada, karena tidak semua aplikasi yang berada di Play store aman.

Jika para sobat sudah aktifkan Play store, tentu saja kalian dapat mendownload aplikasi dan berbagai macam hal dari play store, tetapi kalian harus bijak dalam hal ini, karena perangkat HP Android yang kalian miliki tentu saja memiliki batasan apa lagi sebuah HP dengan spesifikasi menengah kebawah, sehingga dalam pemasangan aplikasi harus dipertimbangkan dengan sangat matang supaya HP menjadi lebih awet.

Demikianlah kiat untuk aktifkan Play store pada HP Android, jika para sobat punya info yang berguna terkait konten ini, kalian bisa meninggalkan jejak pada kolom komentar sebagai bahan referensi bersama. Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

1 tanggapan pada “Cara Aktifkan Play Store dengan Mudah”

  1. Pingback: Cara Mudah Mengatasi Play Store Error – AsikMain.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *