Cara Bermain Game Berat Dengan “Laptop Kentang”

Cara Bermain Game Berat Dengan "Laptop Kentang"

AsikMain.com – Bermain Game Berat di laptop kentang memang sangat beresiko ya sob!, bagi para sobat tekno dengan bugdet minim tetapi ingin main game berat tentu saja harus maksa, karena dengan spesifikasi Low End, Laptop kita tentu saja tidak kuat menampung proses yang game berat.

Saat ini memang banyak sekali game yang dapat dimainkan dengan platform PC dan laptop. Untuk bermain game dengan grafik yang bagus dan hampir menyerupai dunia nyata tentu saja kita membutuhkan spesifikasi Laptop yang tinggi. Jika kita hanya memiliki Laptop dengan spesifikasi rendah atau sering para Gamers menyebutnya “PC kentang”, kita tidak perlu kecewa, karena para sobat tetap bisa memainkan beberapa game dengan spesifikasi tinggi.

Bagaimana kita bisa bermain game berat di laptop kentang?
Eits, jangan khawatir, bagi para sobat yang ngeyel ingin bermain game berat di laptop kentang, Nekotech punya solusi yang mungkin bisa diterapkan pada perangkat kentang para sobat, simak beberapa tips berikut ini.

Cara Bermain Game Berat di Laptop Kentang

Menggunakan Software pendukung

Karena semakin maraknya game yang bisa dimainkan pada PC, banyak pengembang aplikasi membuat software untuk mengoptimalkan PC ketika digunakan bermain game. Sebagai salah satu contoh yang sering digunakan adalah Game Booster, fungsi utama dari Game Booster adalah membantu supaya laptop dapat lebih lancar digunakan ketika bermain game dengan spesifikasi tinggi atau Game berat.
Cara Bermain Game Berat Dengan "Laptop Kentang"

Game Booster ini biasanya dikembangkan oleh beberapa perusahaan VGA atau Grafik Card, selain bisa digunakan untuk umum, juga digunakan untuk mendukung produk mereka. Ada beberapa jenis Game Booster yang sering digunakan antara lain :

Dan masih banyak lagi yang bisa para sobat gunakan, silahkan cari beberapa info di Google untuk menggunakan Game Booster terbaik sehingga bisa Bermain game berat di laptop kentang para sobat ya!.

Mengubah Setting atau pengaturan grafik ke Low (paling rendah)

Cara Bermain Game Berat Dengan "Laptop Kentang"
Semua game pasti memiliki setting grafik yang dapat kita ubah sesuai dengan keinginan kita, dengan menurunkan grafik ke tingkat paling rendah (Low/Lowest), Laptop akan lebih ringan dalam menjalankan game walaupun kita tidak bisa menikmati pengalaman bermain game dengan spesifikasi HD, tetapi paling tidak kita bisa bermain game di laptop kentang sob!

Pada sebuah game tertentu biasanya akan melakukan penyetelan otomatis yang disesuaikan dengan kemampuan dan spesifikasi laptop/PC yang kita gunakan, penyetelan otomatis tersebut memang tidaklah selamanya cocok dengan pengguna, sehingga kita juga bisa mengubah sesuai keinginan kita.

Memang jika kita menurunkan grafik pada interface game yang kita mainkan, tampilan tidak akan sebagus menggunakan HD, tetapi karena kita memaksa menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah, kita harus mengorbankan tampilan HD sehingga bisa bermain game tanpa gangguan Lag maupun macet.

Setting pada Grafik Card Driver

Jika para sobat ingin bermain game, sebaiknya gunakanlah laptop dengan kartu grafis yang mendukung, sehingga walaupun spesifikasinya Low End, kita masih tetap bisa bermain game dengan lancar hanya dengna mengotak atik Driver kartu grafisnya.

Banyak kartu grafis yang ditanam pada PC biasanya Nvidia Geforce dan AMD ATI Radeon, pada kesematan ini saya kana membahas mengenai penyetelan pada Nvidia Geforce. Selian grafik card ini bisa kita ubah dalam penyetelanya, kartu grafis juga dapat menyesuaikan PC kita sehingga lebih optimal, berikut ini adalah cara untuk menyetel kartu grafis Nvidia Geforce :

  • Jika laptop sudah terpasang Nvidia Geforce, kita hanya perlu Klik kanan di Dekstop pilih Nvidia Control panel
  • Pilih menu yang terletak pada sebelah kiri, dan pilih Adjust Image Setting With Preview
    Cara Bermain Game Berat Dengan "Laptop Kentang"
  • Ubah pengaturan atau Setting menjadi Use My Preference Emphasising, dan geser menjadi Performance.
  • Lanjut ke menu berikutnya pada Manage 3D setting, ubahlah dari Auto-select menjadi High Performance Nvidia Processor.
    Cara Bermain Game Berat Dengan "Laptop Kentang"

Itulah salah satu langkah mudah yang bisa kita lakukan dalam upaya bermain game berat di laptop ketang. Selain penyetelan pada driver kartu grafis, kita juga bisa mengubah performance melalui baterai, simak cara berikutnya.

Mengubah Battery High atau Best Performance

Jika kita mengetuk tombol baterai atau gambar baterai pada layar laptop kita yang biasanya terletak di bar pojok kanan bawah jika tidak di ubah, biasanya selain kapasitas kita juga dapa melihat settingan performa penggunaan baterai. Biasanya pengaturan performa baterai ada 3 yaitu :

  • Power Saver
    Dengan menggunakan settingan bateri Power saver biasanya performa laptop kurang maksimal karena penggunaan daya yang diminimkan untuk penghematan baterai sehingga laptop bisa lebih awet digunakan dengan menggunakan opsi power saver ini.
  • Balance
    Opsi balance ini cocok digunakan untuk aktifitas normal pada laptop, penggunaan baterai normal sesuai kebutuhan dan sehingga sangat nyaman digunakan dan biasanya menjadi rekomendasi dari sistem operasi pada laptop kita.
  • High Performance
    pada mode ini, kita akan disuguhi performa terbaik dari laptop kita tetapi akan menguras daya lebih banyak, dan dalam kaitanya untuk bermain game berat di laptop kentang para sobat, opsi ini sangat cocok digunakan.

Cara Bermain Game Berat Dengan "Laptop Kentang"
Dengan menggunakan performa terbaik, baterai akan sangat boros, sehingga karena permainan game yang tidak bisa di putus begitu saja, kita harus selalu dekat dengan stop kontak untuk melakukan pengisian daya pada laptop. Menggunakan laptop untuk kinerja berat seperti bermain game berat sembari melakukan pengisian daya adalah kebiasaan yang tidak baik, sehingga para sobat sangat tidak disarankan melakukan hal ini karena Laptop tentu saja akan cepat rusak dan pada mulanya mungkin baterai menjadi bocor.

Tutup aplikasi selain Game yang kita mainkan

Game berat tentu saja menguras memori RAM ketika di jalankan pada laptop dengan spesifikasi minim, sehingga supaya tidak terjadi masalah, sebaiknya kita mengosongkan operasi sistem apapun sehingga semua komponen fokus untuk menjalankan Game.

Jika kita memaksakan menggunakan aplikasi sambil bermain game berat yang memenuhi proses dalam RAM maupun CPU, game pasti akan patah – patah atau Lag, dan tentu saja permainan pasti sangat terganggu.

Usahakan Laptop tidak sampai terlalu panas (Overheat)

Kenaikan suhu ketika digunakan untuk proses yang berat sangatlah wajar, tetapi yang harus di ingat oleh para sobat adalah jangan sampai laptop kita terlalu panas, karena akan berdampak buruk bagi komponen.

Suhu yang semakin meningkat juga akan membuat Game menjadi lag, karena kinerja komponen sudah tidak optimal lagi dan membutuhkan istirahat. Jika para sobat ingin bermain game berat di laptop kentang sebaiknya menyiapkan pendingin tambahan sehingga bisa mengurangi suhu pada laptop, bisa menggunakan Fan Cooler atau USB fan.

Demikianlah cara kita dapat bermain game berat di laptop kentang. Dari penjelasan di atas ada banyak hal yang perlu di ingat oleh para sobat yaitu penggunaan laptop dengan spesifikasi rendah tentu saja akan membatasi ketika digunakan dalam untuk bermain game berat maupun kinerja yang berat, tetapi ada kalanya kita harus bijak dan menyesuaikan penggunaan sesuai dengan spesifikasi laptop yang kita miliki, sehingga kita bisa menggunakan laptop kita lebih awet.

Sebuah analogi sederhana yaitu kemampuan tubuh kita, jika kita dipaksa untuk berlari 10km tanpa henti tentu saja tidak akan kuat, dan jika dipaksakan pada akhirnya kita akan kehabisan nafas sebelum sampai 10 KM, hal itu sama seperti laptop kentang kita, jika kita paksa menjalankan proses yang sangat berat, tentu saja cepat atau lambat, laptop akan terhenti atau rusak. Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

1 tanggapan pada “Cara Bermain Game Berat Dengan “Laptop Kentang””

  1. Pingback: 5 Cara Mengatasi Masalah Pada Layar HP dengan Solusi Mudah dan Jitu! – AsikMain.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *