Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Baterai HP

  • by
Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Baterai HP

AsikMain.com – Kalibrasi Baterai adalah cara untuk membuat normal kembali status baterai pada suatu perangkat seluler sehingga antara status sesungguhnya dengan sistem dapat sinkron dan akurat. Baterai memang sebuah komponen penting yang digunakan pada perangkat portable moderen termasuk HP. Dalam penggunaannya, baterai bisa di isi ulang sehingga bisa digunakan berulang kali, tetapi tidak dapat digunakan selamanya atau dengan kata lain memiliki masa pemakaian.

Jika kita menggunakan Baterai sudah sangat lama, biasanya penyimpanan baterai akan semakin berkurang, dan masa pemakaiannya akan menurun. Selain itu, pada pada sistem baru misalnya kita mempunyai HP baru, tentu saja semuanya akan normal termasuk status baterai, tetapi jika sudah lama digunakan, terkadang sistem kesulitan membaca status baterai secara lebih akurat. Jika para sobat mengalami masalah tersebut, berarti sudah waktunya untuk melakukan Kalibrasi Baterai.

Saya pernah memiliki HP yang sudah dipakai lumayan lama, dan pada status daya baterai masih berisi 90% dengan keterangan masa pakai 6 jam, tetapi setelah di pakai tidak sampai 1 jam, HP sudah lowbat dan kemudian mati karena kehabisan daya. Hal semacam itulah salah satu contoh perangkat HP kita butuh Kalibrasi Baterai walaupun sudah jelas dengan gejala seperti HP saya tersebut adalah baterai bocor.

Jika kita mengalami masalah baterai yang sudah tidak sinkron dengan sistem, ada baiknya kita segera melakukan kalibrasi baterai, sehingga kita akan mengetahui data aktual dan kondisi dari baterai apa lagi untuk jenis HP dengan baterai tanam, sehingga kita tidak bisa melihat kondisi fisiknya secara langsung.

Kapan harus melakukan Kalibrasi Baterai

Sebelum melakukan kalibrasi baterai, kita harus melakukan identifikasi terkait kinerja baterai HP yang menurun. Jika HP kita gagal membaca status baterai yang sesungguhnya, kita bisa melakukan kalibrasi, tetapi jika baterai kita rusak misalnya saja sudah menggelembung jika dilihat secara fisik, sebaiknya kita menggantinya. Identifikasi secara fisik ini tentu saja bisa kita lakukan untuk baterai HP berjenis Removable atau atau bisa dilepas, untuk yang Non-Removable, kita bisa membaca beberapa cirinya pada konten terkait Baterai Bocor.

Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Baterai HP

sumber : staticaly.com

Kalibrasi Baterai bukanlah hal yang sulit, kita bisa melakukannya sendiri tanpa perlu pergi ke service center, selain itu juga hasil kalibrasi baterai bisa menjadi penentu apakah kita perlu mengganti baterai atau masih bisa menggunakannya.

Tetapi sebelum melakukan kalibrasi baterai, ada yang perlu di ingat oleh para sobat bahwa kalibrasi bukan untuk memperbaiki baterai, tetapi hanya membantu sistem untuk membaca status baterai yang sesungguhnya, sehingga kita bisa tahu kapasitas baterai apakah masih layak digunakan apa harus ganti dengan yang baru.

Cara kalibrasi Baterai

Cara melakukan kalibrasi sebenarnya ada 2 cara, pada cara pertama kita tidak membutuhkan aplikasi apapun yaitu kalibrasi baterai tanpa Root dan untuk Kalibrasi baterai dengan aplikasi pihak ke tiga adalah kalibarsi menggunakan akses Root. Langsung saja kita mulai dari yang pertama :

Kalibrasi Baterai tanpa akses Root

Kalibrasi dengan cara ini sebenarnya sangat sederhana sekali dan semua orang bisa melakukannya tanpa tahu tentang sistem. Cara simpelnya kita melakukan pengisian daya baterai sampai penuh lalu mencabut kabel pengisiannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara Kalibrasi Baterai tanpa akses Root :

  • Pertama, biarkan HP mati sampai baterai habis
  • Isi baterai hingga penuh 100% dalam keadaan mati

    Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Baterai HP

    sumber : idntimes.com

  • Jika sudah 100%, cabut kabel pengisian daya dan nyalakan HP
  • Jika setelah menyala ternyata indikator tidak menunjukan angka baterai full atau angka 100%, maka isilah kembali daya dengan kondisi menyala hingga daya full 100%
  • Jika sudah penuh, cabut pengisi daya dan restart HP.
  • Jika HP sudah menyala kembali, periksa indikator, jika sudah sesuai 100% maka kalibrasi berhasil, tetapi jika indikator menunjukan angka kurang dari 100%, kita akan mengulangi tahap sebelumnya yaitu melakukan pengisian daya hingga 100% dan melakukan restart setelah penuh.
  • Kita harus mengulangi cara tersebut beberapa kali hingga baterai menunjukan angka 100% setelah di restart
  • Jika sudah berhasil tahap kalibrasi, biarkan HP hingga mati kehabisan daya dan isi daya hingga penuh dalam keadaan mati.
  • Jika baterai ketika pengisian daya waktu mati sudah 100% ketika dinyalakan 100%, berarti kalibrasi baterai sukses.

Itulah cara kalibrasi baterai tanpa menggunakan akses Root. Tetapi ada yang perlu diperhatikan oleh para sobat, jangan melakukan kalibrasi dengan cara ini terlalu sering, lakukanlah kalibrasi ketika diperlukan saja karena dapat membahayakan perangkat HP kita. Jika kita membiarkan HP mati karena kehabisan daya, kita malah akan memperburuk keadaan jika dilakukan terlalu sering karena akan menyebabkan baterai bocor.

Walaupun pada perangkat ponsel moderen sudah dilengkapi penyimpanan daya cadangan, sehingga ketika HP mati total kehabisan daya, dalam baterai masih menyimpan cadangan daya, tetapi membiarkan HP mati hingga kehabisan daya bukanlah hal baik, selain berdampak pada komponen baterai juga mempengaruhi komponen lain karena ketika masih berjalan di paksa mati secara mendadak. Analogi sederhana ketika kita sedang berlari, kita disuruh berhenti mendadak, tentu saja kita akan terjatuh karenanya. Hal tersebut sama halnya dengan menghentikan HP secara mendadak.

Jadi untuk para sobat harus dicatat dengan baik sekali lagi bahwa untuk melakukan kalibrasi baterai harus lah dalam keadaan benar-benar dibutuhkan, karena bisa berdampak negatif pada perangkat HP kita termasuk masa pakai baterai.

Kalibrasi baterai dengan akses Root

Sebenarnya cara melakukan kalibrasi menggunakan akses root ini tidak terlalu direkomendasikan, karena akses root tentu saja membuka keamanan ponsel kita, sehingga bagi para sobat yang khawatir degan faktor keamanan sebaiknya tidak menggunakan cara ini.

Pada dasarnya melakukan kalibrasi dengan akses root hampir sama dengan kalibrasi tanpa akses root, hanya saja jika kita melakukan kalibrasi dengan akses root kita harus menggunakan aplikasi pihak ke tiga yang dalam pengoperasianya membutuhkan izin akses kedalam sistem sacara luas sehingga dapat bekerja lebih optimal. Tetapi sebagai catatan sekali lagi bagi para sobat yang khawatir dengan masalah keamanan, sebaiknya tidak menggunakan cara ini karena kami juga sebenarnya kurang merekomendasikan cara kalibrasi dengan akses root.

Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah cara kalibrasi dengan akses root :

  • Pertama, biarkan HP hingga mati kehabisan daya
  • lakukan pengisian daya baterai HP hingga 100% dalam keadaan mati
  • Jika indikator dalam keadaan HP mati sudah menunjukan 100%, cabut kabel pengisian daya
  • Nyalakan HP dan lihat indikator dayanya, jika sudah menunjukan 100% berari tahap pertama sukses, tetapi jika baterai HP menunjukan tidak 100%, kita ulangi lagi langkah sebelumnya.
  • Setelah sukses pada kondisi mati dan nyala sama 100%, Download dan Instal aplikasi Battery Calibration
  • Pastikan kondisi baterai masih full 100% lalu jalankan aplikasi Bettery Calibration.
  • Setelah selesai melakukan kalibrasi dengan aplikasi tersebut, biarkan daya hingga kosong dan mati sendiri.
  • Isilah daya dalam keadaan mati hingga penuh kembali 100%
  • Setelah dinyalakan persentase pada sistem baterai akan di atur ulang.

    Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Baterai HP

    sumber : harapan rakyat.com

  • Kalibrasi selesai dan sukses.

Itulah cara melakukan kalibrasi dengan menggunakan akses root, cara ini cukup manjur untuk melakukan sinkronisasi antara hardware dan software baterai pada perangkat HP kita, sehingga kita bisa mengetahui info dari daya baterai HP yang sudah bermasalah karena mungkin sudah lama dipakai.

Dengan kedua cara tersebut jika memang menunjukan baterai HP maupun Tablet para sobat sudah tidak bisa diandalkan, maka sebaiknya kita ganti saja dengan yang baru, karena jika kita pertahankan menggunakan baterai rusak, bukan hanya baterai yang semakin rusak tetapi juga komponen lain bisa rusak.

Demikianlah cara melakukan kalibrasi baterai HP yang dapat kita praktikan sendiri, jika para sobat tidak ingin memiliki masalah daya baterai dikemudain hari sebaiknya lekaslah merawat baterai HP dengan baik dan benar, sehingga baterai dapat lebih awet digunakan. Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *