Otak Teknologi Terbaik : 5 Cara Kerja OS yang Rumit dan Canggih

  • by
Otak Teknologi Terbaik : 5 Cara Kerja OS yang Rumit dan Canggih

AsikMain.com – Cara kerja OS atau Operating System, dan dalam Bahasa Indonesia adalah Sistem Operasi memang sangat luar biasa, kita tidak bisa membayangkan otak seorang pencipta OS dan bagaimana mereka membuat sebuah otak dari perangkat baik Komputer maupun Ponsel pintar.

Sistem Operasi adalah sebuah perangkat inti yang sangat penting, tanpa adanya sistem operasi, sebuah perangkat komputer maupun ponsel hanyalah rongsokan. Dengan adanya otak penggerak yaitu OS, kita bisa menggunakan perangkat ponsel dan komputer seperti sebagaimana mestinya yang kita ketahui saat ini.

Bagi kita yang masih awam dengan Sistem operasi, tentu saja kita hanya tahu cara menggunakanya saja dan tidak tahu bagaimana sebenarnya cara kerja OS atau Sistem Operasi pada perangkat yang kita gunakan.

Cara kerja OS sebenarnya tidaklah semudah yang kita bayangkan, pembuatan OS tentu saja sangatlah rumit sehingga tentu saja cara kerjanya juga membutuhkan sesuatu yang rumit hingga dapat bekerja dengan optimal.

Jika kita membahas kegunaan dari Sistem Operasi, tentu saja ada banyak sekali, misalnya saja OS Windows yang diterapkan pada perangkat komputer. Dengan OS Windows kita bisa mengetik, melakukan edit video, Chatting dan banyak hal yang bisa kita lakukan dengan komputer. Tanpa adanya OS yang bekerja dalam sebuah komputer, tentu saja perangkat tersebut hanyalah seonggok perangkat tanpa nyawa.

Dengan begitu banyak fungsi dari OS, para sobat pasti ingin mengetahui sebenarnya bagaimana sih cara kerja OS?, berikut ini adalah beberapa penjabaran yang pasti dapat membuat para sobat “mengangguk- angguk” setelah membacanya.

Cara Kerja OS (Sistem Operasi)

Dalam pengelompokannya, cara kerja OS dapat dibagi menjadi 5 sebagai berikut :

Manajemen Proses

Otak Teknologi Terbaik : 5 Cara Kerja OS yang Rumit dan Canggih

sumber : kesekolah.com

Cara kerja OS pertama adalah melakukan manajemen setiap proses pada suatu perangkat, sehingga hal ini merupakan fungsi yang sangat inti dari OS. Manajemen proses dalam perangkat baik Laptop, PC, HP dan perangkat lain biasanya berkutat pada beberapa hal berikut

  • Membuat file
  • Mengedit file
  • Menghapus file
  • Memindahkan file
  • Menyalin file
  • Sinkronisasi file
  • Komunikasi antar file
  • dan lain sebagainya yang berkaitan dengan managemen proses data.

Dalam kaitanya melakukan manajemen proses, Sistem Operasi juga mempunyai tugas utama yaitu meneruskan atau menghentikan suatu proses, dan dalam hal ini, sangat erat dengan yang namanya RAM atau Random Acces Memory, karena RAM bertugas untuk menampung semua proses yang sedang berjalan.

Kita pasti pernah mengalami hang ketika menggunakan suatu perangkat baik laptop, HP maupun komputer, hang terjadi karena proses yang berjalan kapasitasnya sangat besar sehingga RAM tidak bisa menampung proses tersebut, sehingga perangkat tidak dapat merespon dengan baik dan terjadilah Hang.

Cara kerja OS tentu saja sangat dekat dengan kinerja CPU atau Chipset. Peran penting CPU dalam menjalankan OS adalah eksekutor yaitu tempat pengolahan semua file.

Manajemen Memori Utama atau Penyimpanan

Otak Teknologi Terbaik : 5 Cara Kerja OS yang Rumit dan Canggih
Penyimpanan atau memori bukanlah sekedar tempat menyimpan file dan dokumen, karena pada suatu perangkat seperti komputer dan ponsel cerdas, semua operasi berjalan didalam memori, selain itu perangkat lunak OS juga diletakkan didalam penyimpanan utama.

Cara kerja OS tentu saja selain menggunakan penyimpanan, OS juga melakukan manajemen untuk mengatur penyimpanan, sehingga penyimpanan dapat tertata dengan teratur dan mudah untuk digunakan.

Sistem Operasi juga akan mengalokasikan sebagian penyimpanan untuk menjalankan prosesnya, sehingga para sobat jangan pernah memenuhi penyimpanan data dari suatu perangkat, karena jika tidak ada ruang untuk menjalankan suatu perintah operasi, tentu saja perangkat yang kita gunakan akan dalam masalah seperti Hang atau Crash.

Untuk itu para sobat haruslah lebih bijak dalam menggunakan penyimpanan, jangan sampai penyimpanan data pada laptop, PC maupun ponsel kita kurang dari 10% dari total penyimpanan, karena jika terjadi crash karena kegagalan sistem dalam memanajemen penyimpanan utama, data yang ada didalam penyimpanan bisa rusak atau eror.

Manajemen File

Otak Teknologi Terbaik : 5 Cara Kerja OS yang Rumit dan Canggih

sumber : slideserve.com

Cara kerja OS untuk memanajemen file hampir sama dengan manajemen proses, tetapi dalam kinerja ini lebih fokus kepada file saja. Dalam perangkat yang kita gunakan tentu banyak sekali file yang harus diatur oleh sistem operasi.

Berkaitan dengan manajemen file, saya bisa contohkan misalnya kita melakukan pemindahan file, atau pembuatan file, maka sistem operasi akan meneruskan sesuai dengan perintah dan ditampung oleh RAM untuk di eksekusi oleh CPU, seperti itulah cara kerja OS dalam melakukan manajemen.

Proses manajemen file tentu saja berada pada memori penyimpanan, baik penyimpanan utama maupun penyimpanan sekunder. File yang sangat banyak akan menyebabkan manajemen lebih sulit dan membutuhkan proses, sehingga CPU dan RAM harus disesuaikan dengan penyimpanan data yang ada untuk mendukung berjalanya proses. Semakin besar penyimpanan maka harus dibarengi dengan semakin besar juga memori RAM dan semakin tinggi pula jenis CPU, sehingga OS akan berjalan lancar dengan hardware yang mendukungnya.

Manajemen Sistem input dan output

Cara kerja OS yang paling rumit adalah melakukan manajemen sistem input dan output, walaupun kita sering dengan mudah menggunakannya pada perangkat komputer dengan menginput sesuatu untuk mendapatkan sebuah output, tetapi prosesnya tidaklah semudah menekan tombol enter.

Supaya para sobat lebih paham, contoh sederhana adalah ketika kita melakukan pengetikan pada komputer menggunakan keyboard adalah input dan tulisan yang kita ketik muncul pada layar adalah output. Cara kerja OS dalam kaitan melakukan manajemen sistem input dan output adalah memproses berjalannya perangkat seperti pada contoh sederhana tersebut, dan tentu saja prosesnya tidak lah semudah itu.

Bagaimana dengan pengeditan video, pencarian data dan lain sebagainya, tentu akan lebih rumit lagi. Intinya OS adalah tokoh utama dalam melakukan input dan output data pada perangkat tertentu.

Manajemen penyimpanan sekunder

Cara kerja OS terakhir adalah melakukan manajemen pada memori sekunder. Memori sekunder antara lain HDD, SD Card, Flashdisk, SSD, DVD, dan penyimpanan yang lain selain penyimpanan utama.

Data yang berada pada penyimpanan sekunder, dalam melakukan semua prosesnya tidaklah lepas dari kerja sistem operasi. OS akan melakukan manajemen untuk proses semua data, dan mengarahkan ke CPU untuk di eksekusi sesuai dengan perintah penggunanya.

Demikianlah Cara kerja OS yang dapat saya sampaikan untuk dapat dipahami oleh semua sobat Nekotech. Ada banyak sekali sistem operasi yang dikembangkan diseluruh dunia hingga saat ini, selain Windows dan Android, ada beberapa OS yang terkenal lainnya seperti MacOS, ChromeOS, FirefoxOS, iOS, Symbian dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai Sistem Operasi yang patut para sobat ketahui, Cara kerja OS memang lah tidak semudah menggunakannya, banyak sekali proses yang harus dilewati. Dengan mengetahui cara kerja OS, diharapkan para sobat bisa lebih memahami kinerja perangkat yang digunakan dan tidak memaksakan perangkat sesuai dengan hardware dan OS yang berjalan. Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *