5 Cara Mudah Membersihkan Flashdisk dari Virus

5 Cara Mudah Membersihkan Flashdisk dari Virus

AsikMain.com – Membersihkan Flashdisk dari Virus. Flashdisk merupakan media penyimpanan yang sangat praktis dan mudah digunakan, sehingga dengan karena Flashdisk ini sering digunakan pada beberapa perangkat, media yang berukuran sekitar 5 cm ini mudah sekali dihinggapi Virus atau terserang Virus.

Untuk mengatasi Flashdisk yang terkena virus sebenarnya bukan masalah yang sulit, tetapi sebelum membahas mengenai solusinya, ada baiknya kita mengenal karakteristik Flashdisk supaya kita bisa lebih paham dengan solusi yang akan diterapkan nanti.

Flashdisk adalah alat penyimpanan data dengan ukuran kecil dan sangat praktis untuk dibawa kemanapun yang merupakan penyimpanan data eksternal. Cara menggunakan Flashdisk adalah dengan memasukan atau mencolokan pada port USB pada Laptop maupun PC.

Flashdisk juga merupakan peralatan yang harus dimiliki oleh para pelajar, mahasiswa maupun guru karena sangat praktis sekali ketika digunakan untuk penyimpanan data, selain itu Flashdisk juga mampu menyimpan data dalam berbagai format.

Karena nilai guna Flashdisk yang sangat fleksibel dan mudah digunakan, sehingga dengan semakin seringnya kita memasukan penyimpanan ini pada berbagai perangkat, maka sering kali Flashdisk ini terinfeksi oleh Virus. Karena memang para pembuat virus lebih menargetkan pada Flashdisk karena lebih cepat menyebar.

Flashdisk yang terinfeksi Virus tentu saja akan menyebar ke PC atau laptop kita, sehingga dangat berbahaya jika kita gunakan. Untuk mengatasi masalah ini, berikut ini adalah beberapa kita untuk mengatasi Flashdisk dari serangan Virus.

Cara membersihkan Flashdisk dari Virus

Ada beragam virus komputer saat ini, dan dari semua jenis virus, kita sering menjumpai Virus Shortcut menghinggap pada flashdisk. Virus shortcut ini terkenal sangat menjengkelkan sekali karena membuat folder berbentuk shortcut yang tidak ada habisnya. Walaupun kita sudah menghapusnya secara manual, Virus ini masih tetap ada dan muncul kembali.

Virus sangat populer merusak sistem komputer kita, tetapi walaupun begitu, Nekotech punya solusinya tanpa mengganggi dan merusak sistem operasi komputer kita.

Menghapus secara manual

Menghapus secara manual ini tidak langsung kita pilih dan ketuk delete, memang benar kita tidak menghapus virus menggunakan aplikasi atau antivirus, tetapi kita akan menghapus virus dengan menggunakan sistem operasi lain, misalnya saja Linux.

Kita mengggunakan OS Linux atau OS lain karena rata-rata virus hanya menyerang pada OS Widnows. Windows memang sistem operasi yang sering digunakan sehingga menjadi sasaran pembuat virus. Jika kita menggunakan OS lain selain Windows, Virus tidak akan bekerja dan dapat segera dihapus secara manual.

Membersihkan Flashdisk dari virus dengan Removal Tool

5 Cara Mudah Membersihkan Flashdisk dari Virus

sumber : adaware.com

Cara menghapus Virus dengan cara ini ternyata sangat sederhana, kita hanya perlu mengunjungi Google untuk mencari Removal Tool, jika sudah ketemu kita lakukan terlebih dahulu identifikasi Virus yang menginfeksi Flashdisk kita, setelah itu masukan jenis virus ke dalam Removal Tool dan dengan sangat mudah Removal Tool akan menghapus virus tersebut.

Cara ini lebih ampuh dan sangat disarankan daripada menggunakan Antivirus karena dapat fokus pada sasaran tanpa harus mencari secara keseluruhan, tetapi jika Flashdisk kita terdapat beberapa Virus, tentu saja kurang efektif menggunakan Removal Tool.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Media Instal Windows Dengan Flashdisk

Membersihkan Flashdisk dari Virus menggunakan Antivirus Portable

Jika para sobat tidak ingin menggunakan Laptop atau PC kita untuk menghapus virus pada Flashdisk, kita bisa dengan mudah menghapus virus menggunakan Antivirus Portable. Antivirus portable adalah Jenis antivirus yang dapat kita terapkan pada USB atau flashdisk, sehingga Virus dapat dengan mudah diatasi karena penyimpanan Flashdisk tentu saja mudah di jangkau dan tidak sebesar Hard disk.

Sehingga dengan cara ini, kita juga lebih aman dari virus, karena dengan antivirus portable, Flashdisk kita sudah aman dari virus ketika kita menggunakan perangkat PC lain misalnya laptop teman atau saudara yang ternyata terkena virus.

Berikut ini dalah contoh Antivirus Portable dan cara menggunakanya untuk para sobat ketahui lebih lengkap :

  • Download Antivirus Norton Power Eraser pada PC atau laptop para sobat, ukuranya tidak begitu besar, sehingga tidak membebankan kuota.

    5 Cara Mudah Membersihkan Flashdisk dari Virus

    sumber : norton.com

  • Simpan file pada Hard disk, tempatkan file pada lokasi yang mudah dijangkau.
  • Reboot komputer dengan menggunakan safe mode, lalu nyalakan kembali dengan menekan F8 hingga proses Reboot muncul.
  • Pilih safe mode pada menu dengan menggunakan UP dan Down pada Keyboard dan tekan Enter
  • Setelah PC atau laptop menyala dengan safe mode, selanjutnya kita cari file yang tadi di simpan dan klik dua kali pada file tersebut, jika belum diubah namanya adalah NPE.exe.

Membersihkan Flashdisk dari Virus menggunakan CMD

Cara membersihkan flashdisk dari virus dengan Prompt Command atau CMD memang terkenal sangat ampuh membasmi virus baik pada PC apa lagi pada Flashdisk. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah caranya :

  • Buka CMD dengan cara tekan Windows + R secara bersamaan atau kita juga bisa mencarinya pada kolom Search Windows
  • Ketik CMD pada kolom Search, dan Enter
    5 Cara Mudah Membersihkan Flashdisk dari Virus
  • Jika CMD.exe sudah muncul, kita akan mencari drive yang ingin kita cek dengan menggunakan CMD, dalam kasus ini kita akan membersihan Flashdisk dari virus, sehingga sebagai contoh kita masukan saja pada Disk G, sehingga kita ketik G : (nama penyimpanan) lalu Enter
  • Secara otomatis akan muncul berbagai macam file yang tersimpan pada Flashdisk kita, dan jika para sobat menemukan file yang mencurigakan, kita bisa mengetik Del pada lokasi file tersebut lalu tekan enter untuk menghapusnya.

Membersihkan Flashdisk dari virus dengan Antivirus

Cara menghapus virus dengan antivirus adalah hal yang paling lazim digunakan dan tentu saja paling sering. Untuk membersihkan flashdisk dari virus dengan menggunakan antivirus yang sudah terpasang pada laptop atau PC, sebaiknya para sobat menggunakan antivirus yang sudah di update versi terakhir, sehingga dapat menangani virus yang baru saja muncul.

Banyak sekali jenis antivirus yang dapat digunakan untuk membersihkan flashdisk dari virus, pada tutorial ini saya akan menggunakan Antivirus asli Indonesia yaitu Smadav. Kenapa Smadav?, karena banyak pengguna laptop maupun PC di Indonesia menggunakan Antivirus ini, sehingga para sobat yang sudah menggunakan antivirus Smadav tidak perlu menginstal lagi dan langsung bisa mempraktikannya.

5 Cara Mudah Membersihkan Flashdisk dari Virus

sumber : smadav.net

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah membersihkan Flashdisk dari virus menggunakan Antivirus Smadav :

  • Pertama para sobat harus memiliki Antivirus Smadav yang sudah terinstal pada PC atau laptop
  • Pastikan Antivirus sudah Update versi terbaru, jika belum para sobat bisa melakukan update antivirus Smadav disini : Smadav.net
  • Masukan Flashdisk pada port USB untuk menghubungkan ke PC atau laptop, dan Smadav biasanya akan langsung otomatis melakukan Scan ketika mendeteksi Device termasuk Flashdisk.
    5 Cara Mudah Membersihkan Flashdisk dari Virus
  • Jika pada Flashdisk terdapat virus, biasanya akan muncul kotak dan terdapat file berwarna merah yang merupakan informasi virus yang menyerang Flashdisk para sobat
  • Pilih Fix All untuk menghapusnya
  • Untuk memastika pada Flashdisk tidak ada virus, lakukan Scan secara menyeluruh dengan Full Scan pada Flashdisk.

Dengan cara tersebut, kita dapat terbebas dari virus yang menyerang Flashdisk, selain menggunakan Smadav, kita juga dapat menggunakan beberapa antivirus ungulan lainya seperti Panda, bitDefender, Avast dan juga bisa menggunakan antivirus bawaan OS Windows yaitu Windows Defender.

Demikianlah beberapa cara mudah untuk membersihkan flashdisk dari virus, jika para sobat mempunyai cara yang lebih jitu dalam menangani masalah virus yang menyerang flashdisk, kalian bisa meninggalkan jejak pada komentar sehingga kita bisa diskusi dan belajar bersama. Semoga bermanfaat.

Bagikan postingan

1 tanggapan pada “5 Cara Mudah Membersihkan Flashdisk dari Virus”

  1. Pingback: 5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Kosong Tapi Isi : “Folder Empty” tapi “Used Space” – AsikMain.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *