5 Cara Memilih Layar HP Terbaik Sesuai Kriteria Pengguna

5 Cara Memilih Layar HP Terbaik Sesuai Kriteria Pengguna

AsikMain.com– Ketika kita hendak membeli sebuah ponsel, sebelum RAM, Prosesor dan komponen yang lain, kita biasanya melihat layar HP yang hendak kita beli. Layar dapat menjadi daya tarik tersendiri karena bentuk dan tampilanya yang langsung terlihat mata, ketika kita menggunakan layar dengan desain bagus dan bergaya tentu saja akan memberikan nilai tersendiri.

Dalam memilih layar HP yang hendak kita beli, ada beberapa kriteria yang layak para sobat ketahui sehingga tidak hanya dari segi tampilan tetapi juga komponen yang menyusun layar atau screen suatu produk HP tertentu.

Apa saja yang harus diperhatikan pada layar HP?

Ukuran Layar

5 Cara Memilih Layar HP Terbaik Sesuai Kriteria Pengguna

sumber : priceprice.com

Pertama tentu saja Ukuran Layar, dengan layar yang lebih luas tentu saja penggunaanya semakin nyaman dan lebih leluasa, tetapi tergantung selera karena tidak semua orang menyukai desain layar yang terlalu lebar.

Layar ponsel biasanya diukur secara diagonal dengan satuan inci, jika para sobat menginginkan HP dengan kriteria praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja maka para sobat sangat di sarankan dengan ponsel pintar dengan layar yang tidak begitu luas misalnya berukuran 4.5 inci, tetapi jika para sobat ingin lebih leluasa dalam menonton film dengan HP atau bermain game, para sobat bisa memilih layar yang lebih lebar atau juga bisa menggunakan tablet.

Jenis layar

5 Cara Memilih Layar HP Terbaik Sesuai Kriteria Pengguna
Setelah ukuran, layar ponsel ternyata memiliki jenis yang berbeda pada setiap mereknya dan produknya, dengan karakteristik yang berbeda, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan pada setiap jenisnya. Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah daftar jenis teknologi layar yang banyak digunakan oleh ponsel pintar saat ini

TFT LCD

TFT LCD sangat banyak digunakan pada HP sekarang ini, TFT LCD adalah Thin Film Transistor Liquid Crystal Display yang merupakan teknologi yang diterapkan hampir pada semua layar LCD. Layar jenis TFT LCD ini ukuranya lumayan tebal dan membutuhkan banyak daya karena dalam kinerja nya membutuhkan banyak pencahayaan yang berpotensi menguras daya Baterai.

TFT LCD juga memiliki karakteristik tergantung pada harga dan merek HP tertentu, semakin baik kualitas TFT LCD yang diterapkan pada suatu ponsel maka harganya juga akan semakin mahal. TFT LCD dengan kualitas yang baik biasanya memiliki sudut pandang yang bagus dan tampilan warna yang lebih jernih.

IPS LCD

IPS LCD adalah inline Plane Switching, IPS LCD merupakan generasi layar ponsel yang lebih baik dengan TFT LCD. Dengan penerapan layar IPS LCD, Ponsel akan mampu menampilkan layar dengan resolusi dan kualitas yang sangat baik, selain itu sudut pandang juga sangat luas hingga 170 derajat. Jika TFT LCD diterapkan pada layar ponsel dengan spesifikasi menengah kebawah, penerapan IPS LCD diterapkan pada ponsel kelas menengah keatas, sehingga memang IPS LCD ini memiliki kualitas yang lebih baik.

IPS LCD sendiri juga ada beberapa jenis, banyak merek HP yang merilis jenis IPS LCD menurut versi produk mereka seperti Samsung yang membuat IPS LCD dengan jenis PLS (Plain Line Switching)

SUPER LCD (SLCD)

Jenis layar ini berbeda dengan IPS LCD, panel LCD dengan jenis SLCD atau Super LCD sering digunakan pada ponsel HTC. Ciri dan karakteristik dari Super LCD adalah memiliki ruang udara antara lapisan luar dan bagian layar dalam, sehingga dapat mengurangi pantulan cahaya. Sehingga dalam memang SLCD ini didesain untuk digunakan di luar ruangan dengan intensitas cahaya yang tinggi.

Kelebihan dari SLCD ini adalah konsumsi daya yang lebih rendah daripada LCD biasanya, karena tidak seperti TFT LCD yang membutuhkan banyak pencahayaan yang menguras daya lebih banyak, SLCD lebih minim menggunakan pencahayaan.

AMOLED

AMOLED memang sangat populer digunakan pada layar ponsel sebelum kemunculan teknologi IPS LCD. AMOLED merupakan layar ponsel berbasis OLED dengan layar yang lebih tipis dan tidak membutuhkan pencahayaan sehingga lebih hemat daya dengan tampilan warna gelap atau hitam. Tetapi pada layar AMOLED biasanya tampilanya kurang tajam dibandingkan dengan layar LCD yang lainya.

Kekurangan lainya adalah teknologi layar AMOLED memang lebih mahal dibandingkan dengan layar LCD, dan sejauh ini perkembangan dari layar AMOLED antara lain Super AMOLED, Super AMOLED Plus HD yang di klaim memiliki ketajaman mendekati layar LCD.

IGZO

IGZO adalah Indium Gallium Zinc Oxide, Layar IGZO merupakan jenis terbaru dan digadang menjadi layar ponsel masa depan. IGZO mampu menampilkan resolusi tinggi dengan pixel yang tingi juga tetapi hanya mengkonsumsi daya lebih rendah atau Hemat Baterai. Untuk penerapan teknologi ini memang masih jarang diterapkan pada ponsel pintar, hanya beberapa saja ponsel dengan menggunakan Layar IGZO dan tentu saja harganya tidaklah murah.

Ada beberapa ponsel papan atas seperti Aquos, Sharp, iPad Air sudah mengimplementasikan layar IGZO, dan tentu saja dalam beberapa tahun kedepan pasti diterapkan pada beberapa ponsel dengan harga yang terjangkau.

Resolusi dan PPI

5 Cara Memilih Layar HP Terbaik Sesuai Kriteria Pengguna

sumber : ruanglaptop.com

Jika tadi kita membicarakan Jenis dan ukuran, maka yang tak kalah penting dari sebuah layar adalah resolusi. Resolusi layar HP sangat penting sekali karena berdampak pada kualitas ketajaman dan tampilan gambar yang dihasilkan. Resolusi yang digunakan ponsel sekarang ini sudah banyak sekali dari QVGA berukuran 320 x 420 piksel hingga UltraHD 4K yang berukuran 3840 x 2160 piksel.

Cara mengetahui ketajaman suatu layar HP kita hanya perlu melihat berapa resolusi pikselnya, misalnya pada layar 5 inci yang memiliki resolusi 720 x 1280 piksel memiliki lebih tampilan yang lebih tajam dibandingkan dengan ponsel dengan layar 6 inci yang memiliki resolusi yang sama. Sehingga kesimpulanya adalah ketajaman suatu layar ponsel dipengaruhi oleh kepadatan piksel atau sering disebut PPI (Pixel Per Inch).

Secara teori, kepadatan Piksel minimum supaya layar mampu menyuguhkan tampilan layar yang baik adalah 200 PPI. Sehingga jika para sobat ingin membeli HP baru, perhatikanlah resolusi layarnya. Walaupun suatu ponsel memiliki teknologi terbaik tetapi resolusi layarnya rendah, maka gambar yang akan ditampilan juga kurang tajam atau pudar.

Pelindung Layar

5 Cara Memilih Layar HP Terbaik Sesuai Kriteria Pengguna

sumber : masbudi.net

Layar sentuh atau touchscreen sangat rawan sekali terhadap goresan, sehingga produsen ponsel sangat memperhatikan pelindung layar dengan melapisi produknya dengan berbagai material khusus supaya tidak mudah tergores, dan aman dari benturan bahkan benda tajam.

Berikut ini adalah beberapa material yang melindungi layar sentuh supaya terhindar dari goresan sehingga para pengguna tidak perlu membeli lapisan anti gores :

Oleophobic Coating

Lapisan ini adalah pelapis layar dari goresan, tetapi tidak hanya goresan, lapisan ini bisa melindungi dari debu, kotoran bahkan minyak. Sehingga bagi para sobat yang suka gorengan tidak perlu takut untuk menyentuh layar Hpnya.

Scratch-Resistant Glass

Lapisan pelindung ini hanya melindungi dari goresan ringan saja, sehingga hanya meminimalisir dampak goresan saja jika layar terbentur atau tergores kencang, sehingga butuh pelindung tambahan. Pelindung ini biasanya digunakan oleh produk Sony.

Corning Gorilla Glass

Gorilla Glass adalah pelindung layar yang sangat populer dan diterapkan hampir semua ponsel pintar saat ini. Corning sebagai perusahaan pengembang pelindung layar ini membuat desain layar anti gores yang tahan dengan benturan bahkan ketika ponsel terjatuh tetapi ukuranya masih sangat tipis sehingga tidak akan mengurangi tingkat sensitifitas layar HP.

Hingga saat ini, Corning sudah memproduksi seri Gorilla Glass hingga generasi ke 3 yaitu Corning Gorilla Glass 3 yang lebih ramah lingkungan karena tidak dibuat dari bahan besi berat yang berbahaya.

Dragontrail Glass

Teknologi pelindung Dragontrail Glass adalah yang terbaik dari beberapa pelindung lainya, karena pelindung ini mampu menahan beban dan tekanan hingga 60 Kg dengan ketebalan kaca hanya 1 mm. Teknologi ini diterapkan pada beberapa merek ponsel yang khusus didesain untuk pekerja luar ruangan seperti Sony Ericsson Xperia Active, Xiaomi MI2, dan merek HP lainnya.

Demikianlah beberapa pengetahuan yang harus para sobat ketahui tentang layar HP, sehingga kita bisa menentukan ponsel apa yang ingin kita miliki sesuai dengan kriteria baik teknologi, komponen dan penampilannya. Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan