5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Kosong Tapi Isi : “Folder Empty” tapi “Used Space”

  • by
5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Kosong Tapi Isi : “Folder Empty” tapi “Used Space”

AsikMain.com – Flashdisk Kosong tapi Isi. Barang yang namanya flashdisk memang sangat serba guna dan dapat di andalkan dalam urusan penyimpanan data, tetapi karena seringnya digunakan, banyak orang lupa untuk merawatnya, sehingga sering kali timbul masalah yang salah satunya adalah Flashdisk isi tapi kosong, maksutnya pada penyimpanan data di propertis terlihat penggunaan penyimpanan, tapi ketika dilihat pada folder tidak ada isinya alisa kosong.

Flashdisk isi tapi kosong ini terjadi biasanya karena virus shortcut, karena virus ini bisa menyembunyikan file di dalam flashdisk kita. Sehingga walaupun kita tidak melihat apapun pada folder Flashdisk, tetapi jika melihat melalui propeties masih terdapat penggunaan sejumlah data penyimpanan dan bahkan penuh.

Memang flashdisk sangat rentan terhadap virus, misalnya saja virus shortcut yang sering hinggap pada flashdisk. Hal tersebut terjadi karena flashdisk tentu saja sering digunakan berganti-ganti perangakat, sedangkan penggunanya tentu saja tidak tahu mana perangkat yang aman dan mana perangkat yang ada virusnya.

Kembali ke masalah Flashdisk isi tapi kosong pada folder nya, untuk menyikapi masalah ini, AsikMain akan memberikan solusi yang tentu saja dapat menuntaskan masalah ini.

Mengatasi masalah Flashdisk Kosong tapi Isi (Folder Empty tapi Used Space)

Pada kasus ini, biasanya terjadi karena virus yang bisa menyembunyikan diri sehingga tidak terdeteksi dari tampilan, selain itu virus ini membawa sejumlah data atau file yang menggunakan sebagian ruang penyimpanan, sehingga Antivirus harus di aplikasikan untuk mencegah masalah ini, tetapi jika belum berhasil, para sobat bisa mengatasi dengan cara lain yang sudah kami rangkum sebagai berikut :

1. Menggunakan Antivirus

Sebelum membahas solusi yang lainnya, mari kita bahas solusi utama dan yang paling sederhana terlebih dahulu. Karena masalah ini berkaitan dengan virus, maka kita harus menggunakan antivirus terbaik untuk membasminya.

5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Kosong Tapi Isi : “Folder Empty” tapi “Used Space”

sumber : scuritynewspaper.com

Virus jenis ini dapat menyembunyikan file dan data yang menyebabkan penggunaan ruangan pada Flashdisk, sehingga para sobat hanya perlu fokus melakukan pemindaian pada flashdisk saja dengan antivirus. Ada dua jenis antivirus yang menjadi rekomendasi dan sangat ampuh dalam mengatasi virus yang menyerang pada Flashdisk, yang pertama adalah Panda Dome dan yang kedua adalah Smadav.

Kedua antivirus tersebut memiliki proteksi secara langsung terhadap semua device penyimpanan, misalnya saja jika kita memasukan Flashdisk pada port USB, Antivirus akan secara otomatis melakukan pemindaian, dengan begitu Laptop atau PC kita dapat terhindar dari virus yang menyebar melalui Flashdisk.

Kembali ke masalah penanganan Virus yang mengakibatkan Flashdisk isi tapi kosong. Untuk mengatasi masalah ini menggunakan antivirus, para sobat bisa klik kanan pada folder Flashdisk, lalu Scan dengan Smadav atau Panda Dome. Jika hasilnya ternyata memang terdapat virus, para sobat bisa langsung membersihkanya dengan Fix All.

5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Kosong Tapi Isi : “Folder Empty” tapi “Used Space”

Jika masalah belum selesai dengan cara ini, kalian bisa coba cara berikutnya menggunakan menggunakan notepad.

2. Menggunakan Notepad

Cara sederhana kedua adalah dengan menggunakan Notepad. Jangan salah sangka, bagi orang awam biasanya menganggap notepad hanya aplikasi untuk mencatat sesuatu, tetapi notepad ini sebenarnya adalah media yang sangat fleksibel untuk di modifikasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan untuk memberikan perintah kepada sistem.

Untuk mengatasi masalah ini, notepad dapat kita gunakan menjadi “kunci file” untuk mengatasi masalah Flashdisk isi tapi kosong, entah itu karena virus maupun karena terjadi error. Cara menggunakanya sederhana dan mudah di praktekan.

  • Buka program Notepad, para sobat bisa mencari melalui pencarian (Windows + R secara bersamaan) ketik “notepad“, atau juga bisa melalui All Program, pilih Accessories dan cari Notepad.
  • Setelah notepad sudah terbuka, ketik “attrib -r -s -h/s/d” (gunakan huruf kecil semua dan tanpa tanda petik dua)
  • Jika sudah maka pilih Save File dan gunakan Extensi file *.bat (pastikan tidak salah dalam menyimpan file, Extensi harus benar)
    5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Kosong Tapi Isi : “Folder Empty” tapi “Used Space”
  • Masukan Flashdisk yang bermasalah pada port USB
  • Jika Folder Flashdisk sudah terbaca, masukan file Extensi .bat tadi kedalam Flashdisk, dan klik dua kali untuk menjalankannya.
  • Tunggu sampai proses selesai, biasanya akan muncul Command Promt sebagai tanda proses sedang berjalan
  • Jika proses sudah selesai dan berhasil, pada flashdisk akan memunculkan file yang tadinya hilang atau disembunyikan, sehingga kita dengan mudah bisa menghapusnya.

Cara dengan menggunakan Notepad ini selain mudah juga mempunyai keberhasilan yang tinggi jika para sobat mengikuti setiap tahapnya dengan benar. Dengan cara ini juga sangat ampuh memunculkan file yang disembunyikan oleh virus dan juga malware yang bersembunyi dalam flashdisk.

3. Menampilkan File yang disembunyikan (Hidden Files)

Pada penjelasan di atas, penyimpanan yang kosong tetapi pada status properties menunjukan penggunaan ruang penyimpanan memang menandakan adanya file dan data yang disembunyikan, oleh karena itu, kita hanya perlu memunculkannya saja, berikut adalah cara sederhananya :

  • Buka Windows Explorer
  • Pilih File atau View (pada Windows 8 dan 10)
  • Pilih File Explore Options atau pilih Option dan Change folder and search options (untuk Windows 8 dan 10)
    5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Kosong Tapi Isi : “Folder Empty” tapi “Used Space”
  • Pilih opsi tersebut dan pilih view
  • Centang pada pilihan Show Hidden files, folder and drives
  • Jika sudah maka para sobat pilih Apply dan OK untuk menyetujuainya.

Kita bisa melihat langsung pada flashdisk, dan biasanya file yang semua disembunyikan akan muncul semua, tetapi tentu saja cara ini tidak efektif untuk mengatasi virus, karena pasti pembuat virus sudah mengidentifikasi supaya tidak terdeteksi dengan cara mudah seperti ini, sehingga jika ternyata selain file yang sudah di munculkan ada penggunaan penyimpanan lain, besar kemungkinan itu adalah virus.

Saya sering menjumpai masalah seperti ini biasanya pada flashdisk yang terinfeksi virus shortcut, virus shortcut menginfeksi semua file sehingga berubah menjadi shortcut dan rusak, jika hapus secara manual tentu saja akan muncul kembali, karena file virus utama biasanya disembunyikan. Untuk cara mengatasi masalah tersebut kita harus menghapusnya melalui Command Promt.

4. Menggunakan Command Promt

Cara ini merupakan kelanjutan dari cara sebelumnya untuk memunculkan virus yang menjangkit pada flashdisk, dengan perintah dari CMD melalui administrator, kita dapat memunculkan file utama yang merupakan virus yang berada di dalam flashdisk.

  • Buka Command Promt dengan izin Administrator
  • ketik nama Disk yang ingin diperbaiki misalnya Disk D : lalu enter
  • Sehingga CMD akan mengarahkan ke disk D:\>
  • Ketik attrib -s -h -r /s/d *.* lalu enter

dengan cara tersebut, biasanya file yang merupakan virus akan muncul semua, dan kita hanya perlu menghapusnya secara permanen dengan menekan Shift + Del secara bersamaan. Cara ini sebenarnya sama dengan Notepad diatas, hanya saja dengan jalan yang berbeda.

Apa itu kode “attrib -s -h -r /s/d *.*”?
para sobat mungkin akan bertanya mengenai kode ini, fungsi perintah tersebut memiliki maksut yang berbeda dari setiap hurufnya, berikut adalah keteranganya :

  • attrib : Perintah untuk menggantikan atribut file
  • -s : Perintah untuk menghilangkan atribut pada sistem file
  • -h : Perintah untuk menghilangkan atribut Hidden file
  • -r : perintah untuk menghilangkan atribut read only
  • /s : Perintah untuk penerapan semua atribut pada setiap folder, file, dan subfolder
  • /d : Perintah untuk penerapan atribut dalam setiap folder pada disk

5. Format ulang

Cara yang paling terakhir adalah yang paling mudah dilakukan dengan keberhasilan 100%, karena dengan melakukan format ulang, semua data yang ada di flashdisk akan terhapus bersih selain itu juga mengembalikan bentuk modifikasi apapun yang pernah dulakukan pada flashdisk, dengan kata lain hal ini seperti halnya melakukan instal ulang untuk OS.

Caranya sangat mudah sekali, yaitu kita pilih saja dengan Klik kanan, lalu pilih format, Setting biasanya sudah pada posisi default, pilih Quick Format dan klik Start untuk memulainya. Cara ini tidak akan membutuhkan waktu lama, sehingg sangat efisien.
5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Kosong Tapi Isi : “Folder Empty” tapi “Used Space”

Format ulang bisa dilakukan jika para sobat sudah tidak membutuhkan lagi data yang berada pada flashdisk atau flashdisk memang sudah sengaja di kosongkan karena masalah penyimpanan data yang terisi padahal foldernya kosong, karena denga format data akan dihapus semuanya secara permanen.

Itulah cara mengatasi Flashdisk Used Space sedangkan pada penyimpanan masih kosong, untuk para sobat yang memiliki tips lain, silahkan tinggalkan komentar untuk saling berbagi informasi, semoga bermanfaat.

Bagikan postingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *