4 Cara Mudah Mengatasi Windows Getting Ready, Don’t Turn Off Your Computer

  • by
4 Cara Mudah Mengatasi Windows Getting Ready, Don't Turn Off Your Computer

AsikMain.com – Jika para sobat pernah mengalami Windows Getting Ready dan stuck atau macet sangat lama, jika mengalami masalah tersebut kita tidaklah bisa hanya mengandalkan kesabaran dan menunggu sampai selesai, kita membutuhkan solusi seupaya bisa memperbaikinya.

Windows merupakan sistem operasi sejuta umat, dengan kata lain hampir semua orang yang memiliki PC menggunakan OS Windows. Pengguna OS Windows ini menurut kategori bisa kita pisah menjadi 2, yaitu pengguna sistem operasi Windows bajakan dan Pengguna sistem operasi windows asli atau original.

Jika para sobat menggunakan produk OS Asli dan melakukan update secara berkala, biasanya jarang sekali ada masalah jika kita menggunakannya dengan baik, tetapi jika para sobat menggunakan sistem operasi Windows bajakan dan tentu saja tidak melakukan update OS, terkadang ada saja masalah yang muncul termasuk Windows Getting Ready yang tidak selesai-selesai jika kita hanya menunggu.

Kenapa orang suka menggunakan sistem operasi Windows?
Pertanyaan itu sudah terjawab sebelum kita sempat bertanya, karena memang sudah jelas dibandingkan dengan OS yang lain, Windows lebih mudah digunakan. Pengguna Windows tidak hanya disuguhkan instruksi yang jelas, tetapi juga dijelaskan menggunakan gambar untuk memperlengkap instruksi teks. Selain itu tampilan windows menurut suvey juga lebih baik dibandingkan OS yang lain, terutama OS Windows juga mempunyai desain sangat lembut dan nyaman dipandang.

Kembali pada masalah Windows Getting Ready, biasanya pada baris kedua tertulis Don’t turn off your computer sembari macet dan stuck sangat lama, bagaimana cara mengatasinya?, para sobat tidak perlu khawatir dengan masalah ini, karena Nekotech akan memberikan solusi mudah terkait masalah ini, sebagai berikut.

Cara mengatasi Windows Getting Ready

Solusi pertama : Sabar

4 Cara Mudah Mengatasi Windows Getting Ready, Don't Turn Off Your Computer

sumber : pikiranrakyat.com

Jangan emosi dulu, kita memang harus sabar untuk menghadapi setiap permasalahan, karena memang kondisi Windows Getting Ready, dont turn off your computer adalah pertanda bahwa PC kita sedang dalam menjalankan suatu proses, baik itu proses download, instal dan mungkin modifikasi file sehingga membutuhkan waktu.

Menunggu sampai proses selesai memang sangat direkomendasikan supaya tidak terjadi hal apapun yang menyebabkan OS menjadi rusak maupun data korup, karena memang proses download, instal maupun modifikasi file tidak lah hanya membutuhkan waktu yang sebenatar.

Berapa lama kita harus menunggu?
Jawabanya adalah tergantung kemampuan PC, jika PC kita memiliki spesifikasi yang rendah tentu saja proses akan memakan waktu lebih lama. Cobalah menunggu 2 hingga 3 jam, dan jangan lupa jika para sobat menggunakan laptop, lakukan pengisian daya sehingga laptop tidak mati ditengah proses.

Jika dengan menunggu 2 hingga 3 jam tidak ada hasil yang bagus, para sobat bisa lanjut dengan cara ke dua sebagai berikut.

Solusi kedua : Matikan PC atau Laptop

Perintahnya “Don’t Turn Off  Your Computer” kok malah matikan PC?
Mematikan PC dengan kondisi yang seperti ini tidaklah menjadi masalah, karena sistem operasi belum berjalan sehingga belum menggunakan protokol untuk mempekerjakan RAM, semuanya akan di reset ke tempatnya, dengan kata lain tidak ada hubungan dengan Hard Disk maupun file OS Windows, sehingga tidak akan ada data yang hilang maupun file yang korup.

4 Cara Mudah Mengatasi Windows Getting Ready, Don't Turn Off Your Computer

sumber : cdns.klimg.com

Setelah PC atau laptop mati, tekan tombol power dan tahan hingga kurang lebih 10 detik, setelah itu lepaskan dan tekan lagi tombol power untuk menyalakanya (nyalakan seperti biasa). Jika tampilan Windows Getting Ready sudah tidak ada, berati kita sudah berhasil melewati fase stuck, tetapi jika masih muncul Windows Getting Ready, maka para sobat perlu masuk ke cara nomor 3.

Solusi ketiga : Menggunakan Windows Automatic Repair

4 Cara Mudah Mengatasi Windows Getting Ready, Don't Turn Off Your Computer
Windows Automatic Repair
biasanya digunakan untuk sistem operasi windows yang gagal melakukan booting, jika para sobat sering mengalami masalah windows yang gagal booting, biasanya windows akan mengarahkan kepada sistem Automatic Reapir untuk opsi perbaikan.

Untuk mengatasi masalah Windows Getting Ready, kita bisa memanfaatkan Automatic Repair ini, caranya sangat sederhana.

  • Siapkan Flashdisk 8 GB (Sebaiknya gunakan USB dengan penyimpanan 8 GB atau lebih)
  • Siapkan file OS Windows berformat .ISO
    Download Windows .ISO
  • Jadikan atau ubah Flashdisk menjadi Bootable dan juga sertakan Windows di dalamnya.
    Cara membuat Flashdisk menjadi Bootable dengan Aplikasi Rufus
  • Gunakan Rufus untuk lebih mudah dan sederhana membuat Flashdisk menjadi Bootable.
  • Setting BIOS supaya dapat langsung Booting dengan Flashdisk
    Setting BIOS untuk Booting menggunakan USB
  • Masukan Flashdisk ketika mulai restart PC atau laptop
  • Secara otomatis kita akan diarahkan ke jendela Windows -> pilih Next
  • Pilih Repair your computer -> Troubleshoot -> Advanced Option -> Command Promt
  • Kita akan menjalankan perintah melalui CMD

    Jalankan perintah satu per satu dengan menekan “Enter”
    bootrec /scanOS (enter)
    bootrec /FixMbr (enter)
    bootrec /FixBoot (enter)
    bootrec /RebuildBCD (enter)
    exit

Tutup jendela CMD dan cabut flashdisk, setelah itu lakukan restart laptop atau PC para sobat. Karena cara ini sangat ampuh, pasti laptop atau PC para sobat sudah tidak lagi masuk ke Windows Getting Ready. Tetapi jika memang kerusakan sangat parah, bisa jadi sistem repair tidak bisa memperbaikinya, sehingga kita harus lanjut cara ke 4.

Solusi ke empat : Instal ulang Windows

4 Cara Mudah Mengatasi Windows Getting Ready, Don't Turn Off Your Computer

sumber : gadgetren.com

Instal ulang merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh jika memang cara ketiga tidak mampu mengatasinya, saya sarankan sebelum melakukan instal ulang Windows, para sobat mencoba melakukan cara ketiga sekali atau dua kali lagi, karena kita tidak bisa berhasil dengan satu kali mencobanya.

Karena masalah Windows Getting Ready sering muncul biasanya karena kita melakukan update windows, modifikasi data, dan instal aplikasi tertentu yang belum selesai, sehingga banyak file yang korup dan gagal dibaca oleh sistem. Ada kalanya bisa diperbaiki tetapi juga terkadang gagal. Jika tidak bisa diperbaiki maka kita sangat disarankan untuk melakukan instal ulang karena jika kita memaksakan menggunakan ketiga cara diatas, ditakutkan malah akan merusak lebih banyak.

Ketika melakukan Instal windows para sobat tidak perlu khawatir karena data tidak akan hilang. Cara untuk menginstal ulang windows sangat panjang, maka akan saya jelaskan pada artikel yang lain supaya lebih jelas. Selain itu sekarang memasang OS atau instal OS windows lebih mudah dan cepat dengan USB bootable, sehingga kita bisa lebih menghemat waktu prosesnya. Tetapi jika para sobat ingin menginstal windows dengan CD atau DVD Drive tentu bukan masalah.

Dengan cara melakukan instal ulang Windows, saya yakin masalah Windows Getting Ready pasti sudah teratasi, karena semua software dalam OS Windows sudah di perbarui dan memang benar-benar baru.

Dalam menggunakan komputer atau laptop, sebaiknya kita tidak hanya sekedar menggunakanya, tetapi juga harus merawatnya sehingga tidak muncul masalah pada PC atau laptop dan kita dapat menggunakan PC dengan nyaman dan lancar. Terkadang masalah yang muncul sebenarnya tidaklah berdampak besar, tetapi jika lama dibiarkan tentu akan menjadi masalah besar, sehingga para sobat sebaiknya segera memperbaiki setiap permasalahan yang ada.

Windows Getting Ready atau stuck ini adalah sebenarnya jarang terjadi, tetapi jika kita tidak memperhatian dan merawat dengan baik perangkat PC atau laptop kita, bukan hal yang tidak mungkin masalah tersebut akan datang. Karena proses tidak bisa selesai begitu saja, maka para sobat harus memperbaikinya dengan upaya lebih keras daripada merawatnya, sehingga rawatlah PC atau laptop selagi masih sehat. Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *