10 Cara Mudah Untuk Merawat Baterai HP Supaya Tetap Awet

10 Cara Mudah Untuk Merawat Baterai HP Supaya Tetap Awet

AsikMain.com – Jika Chipset adalah otak dari HP maka Baterai HP adalah nyawanya, karena tanpa baterai tentu saja HP tidak akan bisa digunakan, oleh karena itu Baterai adalah komponen vital pada HP yang patut kita perhatikan dan kita rawat dengan baik.

Ketika membeli HP baru, kapasitas penyimpanan daya baterai merupakan salah satu pertimbangan utama selain RAM, CPU, Kamera dan yang lainya. Selain mencari baterai dengan kapasitas daya yang besar, saat ini banyak orang mencari HP dengan di dukung teknologi pengisian cepat atau Fast Charging. Hal tersebut dilakukan seseorang ketika membeli HP dengan tujuan untuk mendapatkan produk dengan kualitas baterai yang bagus dan awet.

Ketika kita membahas mengenai baterai awet, kebanyakan orang memahaminya dengan cara berfikir praktis, sehingga untuk mencari baterai HP awet bukanlah soal kapasitas dan dukungan Fast Charging, karena untuk menjaga baterai tetap awet adalah tergantung cara kita mengisi atau Ngecas, jika kita mengisi daya baterai dengan cara yang salah, maka tetap saja baterai HP kita akan menjadi boros.

Sangat penting sekali bagi kita semua untuk mengetahui cara melakukan pengisian atau Ngecas baterai HP yang baik dan benar supaya dapat membuat baterai HP kita lebih awet digunakan. Berapapun kapasitas daya baterai HP yang kita miliki, dengan cara pengisian daya yang tepat tentu baterai akan lebih awet dibandingkan dengan HP yang didukung daya baterai tinggi tetapi tidak diperhatikan dalam pengisian dayanya.

Cara merawat baterai HP : Cara Ngecas HP dengan baik dan benar

Berikut ini adalah tips dan trik bagi para sobat mengenai pengisian daya baterai HP dengan baik dan benar sehingga terhindar dari baterai gampang “Ngedrop”.

Gunakan Charger Asli

Hal ini sering sekali diabaikan oleh pengguna HP, terutama jika kita kehabisan baterai dan lupa membawa Charger, sehingga kita biasanya akan meminjam charger lain untuk melakukan pengisian daya.

HP tentu saja akan terisi dengan Charger lain, karena konsep pengisian daya biasanya sama dengan bentuk USB atau colokan yang sama, tetapi terkadang arus pada adaptor pengisian daya biasanya berbeda, sehingga hal tersebut akan membuat proses pengisian daya yang berbeda.

10 Cara Mudah Untuk Merawat Baterai HP Supaya Tetap Awet

sumber : suatekno.id

Jika HP kita mengizinkan arus 2 Ampere dan Adaptor charger hanya memiliki arus 1 Ampere, tentu selain lama dalam pengisian, kualitas ion dalam baterai juga akan berpengaruh, sehingga jika memang sangat terpaksa ingin meminjam charger teman atau kerabat, sebaiknya perhatikan voltase dan Arus yang tertera pada adaptor, biasanya tulisanya sangat kecil.

Mengisi tidak sampai 100%

Dalam melakukan pengisian daya pada HP biasanya seseorang akan menunggu hingga penuh 100%, dan sebagian mengatakan bahwa jika baterai tidak terisi hingga 100% dan main cabut ketika baterai masih kurang penuh dapat menyebabkan baterai rusak. Ternyata hal tersebut adalah pernyataan yang salah, pengisian baterai ideal ternyata bukan 100% melainkan hanya 80%-90% saja.

Bagi para sobat yang sering main cabut ketika HP belum penuh atau hampir penuh, kalian tidak perlu khawatir baterai akan rusak. Bahkan malah sebaliknya baterai yang di isi hingga 100% dan sering lupa mencabut charger malah akan berpotensi mengurangi umur baterai.

Mengisi daya sebelum benar-benar habis

Dalam melakukan pengisian daya HP atau Ngecas, sebaiknya lakukanlah ketika daya baterai masih berada di atas 20%, karena jika daya sudah drop hingga 0 – 10 % ternyata malah tidak bagus untuk kelangsungan penggunaan baterai, karena pada level kritikal daya akan sulit masuk ke dalam ion baterai, sehingga pada awal pengecasan akan lebih lama dibandingkan kita melakukan pengecasan pada level daya 30% keatas.

Mematikan HP waktu Ngecas

Jika para sobat menanyakan lebih ideal mana mengisi daya HP dengan dinyalakan atau dimatikan?, maka jawabannya adalah dengan dimatikan, karena HP yang mati lebih cepat melakukan pengisian daya dibandingkan dengan HP yang menyala, pasalnya HP yang dimatikan tentu saja tidak ada aktivitas pada komponennya, sehingga lebih optimal dalam melakukan pengisian.

Hindari penggunaan Power Bank terlalu sering

10 Cara Mudah Untuk Merawat Baterai HP Supaya Tetap Awet

sumber : akamaized.net

Ketika bepergian jauh, biasanya kita akan menggunakan Power Bank untuk cadangan daya baterai HP. Power Bank sering digunakan ketika kita tidak bisa menemukan colokan untuk pengisian daya, dan tentu saja tidak masalah kita menggunakan Power Bank untuk Ngecas, tetapi sangat tidak disarankan mengisi daya dengan Power Bank secara terus menerus, karena dapat membuat umur baterai mejadi lebih cepat berkurang.

Banyak pengguna Power Bank mengatakan bahwa umur baterai HP dapat lebih cepat berkurang dengan penggunaan terlalu sering, hal tersebut memang benar karena ternyata walaupun arus yang dialirkan dari Power Bank sama dengan arus yang di izinkan oleh HP, tetapi arus yang mengalir dari Power Bank ternyata tidak stabil, apa lagi jika Power Bank yang kita gunakan adalah merek abal-abal cap KW.

Hindari Ngecas lewat port USB laptop dan PC

10 Cara Mudah Untuk Merawat Baterai HP Supaya Tetap Awet

sumber : tipspintar.com

Sebaiknya kita melakukan pengisian daya menggunakan adaptor yang sudah disediakan, dan jangan pernah melakukan pengisian daya menggunakan port USB pada laptop dan PC yang sedang menyala, memang daya akan terisi ketika dicolokan pada port USB, tetapi arus yang mengalir dari sana hanyalah 0.5 Ampere, sehingga selain pengisian lama, hal tersebut juga akan mempengaruhi kinerja penyimpanan daya baterai HP.

Melepaskan Casing

Casing atau Soft Case biasanya terbuat dari bahan karet akan dapat meredam benturan pada perangkat HP kita, tetapi ketika melakukan pengisian daya, fungsi soft case tidak lah diperlukan dan bahkan dapan merugikan karena pada beberapa merek HP tertentu biasanya akan menjadi hangat ketika sedang dilakukan pengisian daya, sehingga pelindung HP dengan bahan karet tentu tidak akan baik dipasang karena karet dapat meredam panas, sehingga panas tidak keluar dan tertahan pada casing.

Jadi sebaiknya jika kita memasang soft case pada HP, ketika melakukan pengisian daya kita harus melepaskannya terlebih dahulu untuk menghindari HP Overheat.

Melakukan Pengisian daya semalaman

Untuk perangkat HP moderen, mengisi daya hingga 100% tentu bukanlah masalah, karena kita tidak harus khawatir seperti baterai menggelembung dan daya bocor. Pada HP produk terbaru saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan pemutus arus ketika baterai sudah penuh untuk menjaga kesehatan baterai HP.

Tetapi jika para sobat masih menggunakan HP dengan tipe pengisian daya lama, sebaiknya hindarilah mengisi daya sambil ditinggal tidur semalaman, karena baterai tentu saja akan menerima arus secara terus-menerus dan akan berakibat fatal, bahkan baterai bisa meledak.

Menurunkan Kontras Layar HP

Kita dapat melakukan penghematan daya dengan menurunkan tingkat kecerahan pada layar HP, karena mode yang agak redup tidak terlalu banyak memakan daya, sehingga mengurangi intensitas pengisian daya. Tampilan yang lebih redup tentu saja bukanlah mitos belaka, saat ini banyak aplikasi dengan desain dark mode atau tampilan gelap degan tujuan untuk penghematan daya bagi penggunanya, misalnya saja WhatsApp Dark Mode.

Gunakan baterai Asli atau Original

Menggunakan baterai asli adalah kewajiban, jika kita menggunakan baterai yang tidak asli biasanya juga malah akan berdampak pada waktu pengisian dan kapasitasnya, sehingga untuk HP kesayangan para sobat jika baterai sudah sering drop, sebaiknya belilah baterai yang asli atau original, bukan baterai abal-abal.

Demikianlah cara mengisi daya baterai HP dengan baik dan benar, walaupun tidak dengan penjelasan yang detail, tapi poin-poin tersebut sudah mewakili untuk diterapkan pada perangkat seluler kita, semoga dapat bermanfaat.

Bagikan postingan

4 tanggapan pada “10 Cara Mudah Untuk Merawat Baterai HP Supaya Tetap Awet”

  1. Pingback: Cara Mudah Mengenali Penyebab Baterai Bocor dan Solusi | Neko Tech

  2. Pingback: Cara Mudah Mengenali Penyebab Baterai Bocor dan Solusi – AsikMain.com

  3. Pingback: Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Baterai HP – AsikMain.com

  4. Pingback: 5 Cara Memilih Layar HP Terbaik Sesuai Kriteria Pengguna – AsikMain.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *