Cara Merawat HP Dengan Baik : Merawat HP Berdasarkan Masalah Yang Muncul

Cara Merawat HP – Merawat HP dengan baik merupakan hal yang lumrah dilakukan pengguna jika menginginkan HP yang awet serta tidak mudah rusak. Merawat HP bukanlah perkara sulit sob, kita hanya perlu membersihkanya setiap hari baik dari dalam dan dari luar, sudah kayak bersih-bersih rumah aja ini!.

Maksutnya adalah kita harus membersihkan baik dari Hardware maupun Software nya sob, kenapa begitu?, ya karna kerusakan HP biasanya datang dari kedua komponen tersebut, kalau bukan hardware ya Software. Nah, tapi bagaimana cara merawat HP dengan baik dan benar?, kalian harus simak beberapa penjelasan berikut.

Eits, tapi sebelum membahas mengenai cara merawat HP dengan benar, ada baiknya kalian harus tahu mengenai faktor apa saja yang menyebabkan HP rusak atau bermasalah, supaya kalian nantinya lebih tahu solusinya waktu membaca cara merawat HP, setuju ya sob!

Tapi sebelumnya mari kita buka dulu tema konten kali ini, yaitu.

Cara Merawat HP Dengan Baik dan Benar

Pada tema ini, admin mau kupas tuntas mengenai cara merawat HP dengan benar, seperti yang sudah dikatakan pada awal tadi, kita mau bahas masalah atau penyebab kenapa HP bisa rusak dan bermasalah terlebih dahulu ya, beberapa masalah pada HP ini sudah di survey dari berbagai sumber dan masalahnya sering muncul, jadi simak beberapa infonya sebagai berikut sob!, Cekidot!

Masalah yang sering muncul dari penggunaan Smartphone

Smartphone itu min, bukan HP?, Intinya sama saja sob, untuk lebih simpel saja kita sebut HP atau Hand Phone. Kita balik ke pokok bahasan masalah yang sering muncul pada HP ya!, Jadi ada beberapa masalah yang sering muncul ketika HP digunakan tetapi jarang di rawat.

Kalau HP sudah bermasalah dan sering rusak waktunya Lembiru pastinya, “lempar beli baru”, tapi sabar dulu sob, jangan buru-buru beli yang baru, karena setelah masalah kita ketahui, nanti kita bahas solusinya, jadi jangan khawatir jika HP kalian sudah mulai bermasalah. Berikut adalah beberapa masalah yang sering muncul pada HP ketika digunakan.

Suhu HP Cepat panas

Jika HP kalian cepat panas, berarti kalian pakainya nggak bener sob!, pasti ada masalah pada kinerja hardware nya yang terlalu berat dan biasanya akibat dari pemasangan software yang berlebihan.

Tapi selain masalah itu, juga ada beberapa poin lain sob, dan admin sudah list beberapa poin tersebut supaya nanti kalian bisa cek satu per satu jika mengalami masalah HP cepat panas. Berikut adalah poin penting penyebab HP cepat panas.

  • Kerusakan pada Baterai
  • Menjalankan aplikasi berat atau aplikasi secara bersamaan
  • Terinfeksi Virus atau Malware
  • Susah Mencari Sinyal

Periksa dari semua poin di atas yang cocok dengan permasalahan kalian, dan tenang saja nanti kita akan cari solusinya supaya Clear.

Baterai Cepat Habis

Jika kalian menggunakan HP dan merawat dengan benar ya nggak bakalan baterai rusak begini sob, karena biasanya baterai cepat habis karena digunakan berlebihan misalnya saja main game sambil di cas, HP sering mati total karena kehabisan daya, atau sering ngecas kelamaan karena kebiasaan nih kita kalau tidur sambil ngecas HP terus pagi baru di cabut.

Kalau kalian sering melakukan kebiasaan-kebiasaan itu, ya wajar saja baterai HP kalian akan cepat habis sob!, karena sel baterai sudah tidak bisa menampung daya dengan maksimal atau mungkin sudah bocor.

Kita lanjut lagi ke masalah berikutnya, karena kita akan membahas solusinya setelah semua masalah kelar dulu.

NgeHang!

Jika sudah Hang berarti sudah parah pakai HP nya sob!, karena kalian pasti sama sekali nggak merawat HP kalau smartphone bisa sampai Hang. Kondisi Hang ini biasanya beragam, ada yang masih bisa ditekan tombolnya tapi macet-macet atau lambat dan ada juga yang sama sekali tidak bisa di pencet apapun sehingga harus menunggu sampai macet selesai.

Kondisi Hang biasanya terjadi ketika kita kurang kontrol sob dalam menggunakan HP, makanya kita harus memantau kondisi RAM dan ROM setiap saat. Karena biasanya masalah Hang ini datang karena RAM dan ROM penuh, jadi tidak ada ruang untuk bergerak menjalankan aplikasi atau program.

Analogi sederhana aja nih sob!, jika kita lari di lapangan luas tentu lebih leluasa ya, bebas mau lompat atau berguling, tapi kalau kita lari di dalam ruangan ukuran 3×3 pasti muter di situ saja, nah apa lagi lari bersama 5 teman di ruang 3×3, nabrak nggak tuh?.

Nah, hal tersebut sama halnya dengan HP, kita harus tahu kapasitas penggunaan RAM maksimal dan ROM maksimal, kalau ruang penyimpanan penuh, aplikasi mau jalan susah, terjadilah hang sob!, RAM 1 GB buat main PUBG sambil WhatsApp an sama Instagram an, ya jebol itu HP mu sob!.

Kalau HP kalian sudah terlajur Hang, solusinya ada banyak sob, jadi jangan khawatir, nanti pada bagian solusi akan di kupas tuntas oleh Admin.

Layar HP tidak Sensitif

layar HP tidak sensitif lagi biasanya kurang perhatian dan perawatan sob!. Iya memang kalau kita tidak merawat HP dengan benar maka akan timbul masalah ini, jadi sama saja kalau di kaitkan dengan hubungan yang penuh masalah itu.

Masalah pada layar HP memang terjadi karena kurang perawatan sob, karena layar ini adalah bagian yang paling intens di sentuh sehingga tidak jarang rusak atau bermasalah kalau kita tidak menjaganya dengan baik misalnya tangan habis pegang gorengan langsung saja pakai HP dan tidak dibersihkan, tentu saja layar HP kalian akan cepat rusak jika mempunyai kebiasaan tersebut.

Itu hanya salah satu contoh saja sob, tapi yang utama adalah masalah ini timbul karena kurangnya perawatan dalam menggunakan HP terutama pada layar.

Aplikasi Mendadak berhenti

Kasus ini adalah gejala awal dari Hang, tapi kita pisahkan saja untuk lebih memudahkan ya sob!. Jadi masalah ini timbul karena terlalu penuhnya penyimpanan RAM sehingga ketika kita sedang menjalankan aplikasi tertentu, tidak ada lagi ruang untuk menjalankan aplikasi dan pada akhirnya aplikasi tersebut mendadak berhenti sendiri.

Sistem memang lebih pinter sob, daripada nabrak dan Hang mending dia keluar supaya memori RAM tidak penuh. Analoginya seperti yang tadi sudah admin tulis di atas, dan bisa di baca lagi kalau kalian belum paham.

Tapi kalau RAM terlalu sering di paksa, lama kelamaan juga menjadi Hang, jadi jangan biasankan melakukan hal ini ya sob!, supaya HP kalian lebih awet digunakan.

Sistem mengalami Bootloop

Selain HP kalian tercebur di bak mandi, Bootloop termasuk masalah yang sulit di atasi ke dua. Bootloop itu apa sih?, jadi Bootloop adalah keadaan dimana sistem operasi misalnya saja Android tidak dapat melakukan proses awal atau biasa di sebut booting sehingga HP Stuck pada logo awal biasanya logo merek HP kalian.

Untuk lebih sederhananya, waktu kalian menyalakan HP, hanya muncul logo merek HP saja dan berhenti di situ atau stuck, itulah Bootloop sob!

Itukah beberapa masalah yang biasanya muncul pada penggunaan HP sob, jika kalian sedang mengalami salah satu atau salah dua dari beberapa poin di atas, maka kalian wajib menyimak solusinya supaya lebih clear. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah Tips dan Solusi merawat HP berdasarkan beberapa masalah yang muncul.

Tips dan Solusi merawat HP

Dari beberapa poin di atas ada banyak sekali masalah HP yang muncul ya, memang banyak orang hanya bisa memakainya saja tanpa merawat HP sob, sehingga wajar saja banyak sekali kendala yang muncul ketika menggunakan HP.

Pada bagian solusi ini, kita akan bahas mulai dari poin permasalahan pertama sob, langsung saja kita simak satu per satu sebagai berikut.

Mengatasi Suhu HP Cepat panas

Pada poin permasalahan sudah kita bahas dengan jelas ya!, Jadi kita akan langsung saja membahas dari poin yang pertama.

Mengatasi Hp cepat panas karena kerusakan baterai

Baterai HP rusak memang sering di alami jika kalian salah dalam penggunaan HP sob, kebiasaan yang paling sering pasti kalian memakai HP sambil ngecas, ya memang masalah nggak langsung datang, tapi lama kelamaan pasti baterai HP kalian rusak dan bocor.

Kaitanya sama HP panas apa min?, ya pasti ada kaitanya, Baterai HP yang rusak dan bocor biasanya arusnya sudah nggak stabil sob, jadi kalau daya terlalu besar biasanya pada bagian belakang HP panasnya sudah kayak wajan habis buat goreng, dan kalau sudah parah biasanya kondisi baterai menggelembung, bisa bahaya itu sob, karena HP bisa meledak!

Nah, jadi solusinya gampang banget sob, cara pertama kalau Baterai HP sudah terlanjur rusak, kita cek dulu kerusakan sudah parah atau masih bisa di atasi. Pada kerusakan parah misalnya Baterai kondisinya menggelembung sudah kayak mau lahiran, kalian wajib ganti baterai baru, karena baterai tersebut 100% sudah nggak layak pakai dan membahayakan kalau di pakai sob!

Kalau baterai HP hanya panas saja, biasanya kerusakan masih bisa di atasi. Kalian bisa melakukan kalibrasi baterai sob, kalau belum tahu caranya cek di Google “cara kalibrasi baterai HP“. Selain itu juga kalian bisa mulai merawat HP dengan baik supaya masalah nggak berlanjut sob!, karena sayang kalau harus beli Baterai baru apa lagi jenisnya non removable.

Merawat HP supaya baterai tidak rusak dan cepat panas nggak susah-susah amat kok, kalian hanya perlu menggunakan HP dengan baik dan benar, misalnya tidak menggunakan HP sambil ngecas, matikan HP waktu tidak di butuhkan, turunkan tingkat kecerahan HP karena makan daya banyak tuh!, dan juga yang menjadi kebiasaan kalian nih sob!, jangan keseringan NgeGame!, Apa lagi sambil di cas.

Mengatasi Masalah HP panas karena menjalankan aplikasi berlebihan

Poin ini sudah di bahas pada contoh permasalahan ya sob, kita langsung saja pada solusinya supaya cepat beres masalahnya.

Kalau HP menjadi panas karena banyak aplikasi ya kita tinggal uninstall saja sob, karena selain membebani HP juga lama kelamaan akan merusak komponen kalau terus di paksakan, terutama RAM. Jadi kita pilih beberapa aplikasi yang penting saja supaya HP tidak terlalu berat.

Kalau Aplikasinya penting semua bagaimana min?, wah, kalau itu masalah lain sob, itu karena kalian kurang bijak, HP juga punya kemampuan dan batasan sob, kalau kita menggunakan HP kelewat batas ya akhirnya jadi cepat rusak. Sehingga kita pilih saja aplikasi yang paling penting dan hapus aplikasi lain sehingga HP tidak cepat panas.

Masalah lain juga bisa terjadi kalau kita menjalankan beberapa aplikasi bersamaan sob, karena proses yang terlalu banyak atau Multitasking sehingga komponen bekerja terlalu keras dan menjadi panas. Nah, untuk mengatasi masalah ini kalian juga harus bijak, jalankan aplikasi satu per satu, dan tutup aplikasi kalau sudah tidak di gunakan.

Mengatasi HP Panas karena terinfeksi Virus Malware

Bukan cuma manusia yang bisa terkena virus ya, HP juga bisa terkena virus kalau kita tidak berhati-hati sob!. Biasanya virus yang menyerang HP berjenis Malware, yaitu semacam virus yang menyedot data pribadi ke server si pemasang virus dan biasanya dilakuakan untuk aksi “penyadapan”, ini sangat bahaya sekali sob, makanya kalian harus berhati-hati.

Virus biasanya hanya merusak data saja, tapi kalau malware ini beda, dia menyedot data dan informasi dari HP kita sehingga membuat HP menjadi cepat panas karena proses upload secara terus menerus ke server penyadap, jadi kalau HP kalian panas tanpa sebab, bisa di indikasi ada yang menyadap HP kalian.

Cara mengatasi masalah ini mudah banget sob, jadi kalian tidak perlu khawatir apa lagi panik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kode rahasia untuk memastikan dulu apakah benar HP kita terkena malware penyadapan dengan mengetik kode *#21# lalu tekan Call/panggil, maka data akan muncul antara lain Voice, data, Faks, SMS, Paket, PAD, Sinkron, tidak sinkron, jika semua dalam keadaan normal, seharusnya tertulis tidak di teruskan/not forwarding. Kalau ternyata ada salah satu atau beberapa list data di atas ada yang di teruskan atau forwarding, maka 100% HP kalian terkena Malware.

Cara mengatasinya juga tidak susah sob, kita juga dapat mengatasinya dengan kode *#002# lalu tekan Call/Panggil, dan semua data akan terputus termasuk aplikasi yang berjalan, karena biasanya malware berupa aplikasi yang berjalan di balik layar dan kita tidak sadar sob, makanya dengan cara ini kita bisa menghentikan semua aktivitas aplikasi termasuk malware.

Selain cara mengatasi, untuk merawat HP sebaiknya kalian juga memasang antivirus sob, tidak perlu yang premium, karena banyak juga antivirus gratis yang menawarkan perlindungan bagus, kalian bisa cari referensi di Google mengenai antivirus terbaik.

Mengatasi HP panas karena susah mencari sinyal

Biasanya buat kalian yang tinggal di pinggiran atau di gunung sering mengalami masalah ini sob, sehingga kalian jangan salah sangka dulu HP kalian di sadap, sinyal saja susah bagaimana mau di sadap. Bercanda sob!

Jadi jika HP kalian naik turun sinyalnya dan kadang tidak ada sinyal, selain baterai menjadi boros, HP juga cepat panas karena receiver sinyal bekerja lebih keras dari yang seharusnya sob. Untuk solusinya tidaklah sulit, kalian hanya perlu mencari tempat yang banyak sinyal sehingga HP tidak panas, tapi jika tidak memungkinkan, ada banyak aplikasi di Playstore yang bisa kita manfaatkan untuk memperkuat sinyal.

Karena saking banyaknya mungkin kalian bingung ya sob!, nah, untuk memilih aplikasi yang bagus di playstore, kalian coba baca review dari aplikasi tersebut serta banyaknya pengguna, biasanya aplikasi yang bagus memiliki rating bagus sob, bintangnya lima hampir penuh.

Dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal, semoga dapat membantu masalah kalian ya sob!, karena admin juga tidak bisa menjamin dengan solusi ini, kalau lokasi memang tidak memungkinkan memang tidak bisa di paksa sinyal menjadi bagus.

Selain menggunakan penguat sinyal, jika kalian tinggal di lokasi yang susah sinyal, carilah provider yang memiliki jangkauan sinyal paling kuat di lokasimu sob, biasanya itu lebih berguna daripada menggunakan aplikasi penguat sinyal.

Itulah merawat HP untuk mengatasi suhu HP yang cepat panas, dan ternyata kita masih punya banyak persoalan disini sob, baiklah kalau begitu langsung saja solusi dari permasalahan berikutnya sebagai berikut.

Solusi Baterai cepat habis

Solusinya sama dengan masalah baterai panas ya sob, jadi kita indentifikasi dulu nih apa permasalahanya, jika baterai sudah kayak hamil 9 bulan, sebaiknya segera ganti saja baterai tersebut karena dapat membahayakan kalian sob. Tapi kalau baterai boros tanpa ada kondisi fisik yang berubah, kita bisa mengatasi sekaligus merawat HP.

Cara mengatasi penggunaan Baterai HP boros bisa dengan menurunkan kecerahan layar HP sob, karena kecerahan pada layar HP juga menguras daya lebih banyak. selain itu kita juga bisa menggunakan layar yang lebih gelap dan redup, menurut penelitian Google, layar yang lebih gelap dengan piksel rendah dapat menurunkan penggunaan daya baterai, jadi wajib di coba cara tersebut sob!

Cara berikutnya periksa aplikasi yang berjalan, kalau banyak aplikasi yang berjalan tentu saja daya baterai juga banyak di gunakan untuk menggerakan komponen, sehingga baterai HP kalian pasti cepat habis sob. Matikan aplikasi yang berjalan atau uninstall beberapa aplikasi yang sudah tidak diperlukan untuk mengurangi penggunaan daya baterai.

Dan untuk perawatan baterai supaya tidak cepat rusak dan boros, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan HP sambil di cas, karena akan mengurangi kemampuan sel HP untuk menyimpan daya sehingga Baterai HP kalian cepat rusak dan menjadi cepat habis kalau digunakan sob.

Solusi masalah HP NgeHang!

Ini masalah yang sering di alami ya sob, jadi daripada kelamaan intro, langsung saja pada solusinya. Terkait masalah HP hang biasanya karena terlalu banyak beban pada penyimpanan RAM dan ROM, sehingga caranya simpel, hapus aplikasi yang membebani penyimpanan tersebut, dan gunakan aplikasi dengan bijak seperti penekanan pada beberapa poin di atas.

Solusi sebenarnya adalah penyesuaian antara spesifikasi HP dan penggunaan sob, jika kalian memakai HP kentang tentu saja jangan pasang aplikasi yang terlalu banyak apa lagi aplikasi berat, di jamin cepat atau lambat pasti Hang!, jadi pasang beberapa aplikasi yang paling dibutuhkan atau berguna saja.

Solusi layar HP tidak sensitif

Masalah layar yang tidak sensitif biasanya karena kalian tidak merawat HP dengan baik sob, misalnya menjaga kebersihan pada bagian layar, sehingga solusi sederhananya adalah dengan membersihkan layar dengan rutin sehingga terbebas dari debu dan kotoran yang menempel pada layar.

Dan masalah kedua adalah karena penggunaan Charger yang tidak Original, dalam kasus layar menjadi tidak sensitif adalah biasanya terlalu banyak pasokan daya pada layar sob, sehingga kalian jangan asal main colok saja kalau mau ngecas ya, perhatikan merek HP, arus dan voltase, karena walupun colokan USB nya sama, tetapi arusnya berbeda-beda sob.

Solusi masalah kedua ya sebaiknya kalian menggunakan charger yang asli, kalau charger bawaan rusak, kita cari charger yang sejenis, dan jangan coba menggunakan jenis lain karena akan terjadi masalah untuk penggunaan jangka panjang misalnya layar tidak sensitif.

Sebagai bentuk perawatan dan tips untuk kalian yang banyak beraktivitas di luar, sebaiknya menggunakan pelindung layar atau anti gores sob!, sehingga HP lebih aman dan awet jika kena gesekan dan benturan yang tidak di sengaja terutama pada bagian layar.

Solusi Aplikasi Mendadak Berhenti

Aplikasi mendadak berhenti ini sebenarnya kasus yang sama dengan NgeHang sob, masalah ini biasanya indikasi kalau memori penyimpanan kita tidak cukup untuk menjalankan aplikasi tersebut, sehingga keluar dengan sendirinya. Nah, kasus ini kalau terus dibiarkan biasanya HP menjad Hang sob!

Jalan keluarnya sama persis seperti mengatasi HP yang mengalami Hang, silahkan membaca lagi supaya lebih paham sob!

Solusi mengatasi Bootloop

Apa itu Bootloop?, tengok lagi poin masalah terakhir ya, jadi intinya Bootloop adalah HP berhenti
atau stuck pada waktu di nyalakan di tampilan merek HP kalian sob, sehingga tidak bisa digunakan untuk apapun.

Solusinya mengatasi masalah ini ada banyak sekali, kalian bisa mencari tahu bagaimana mengatasi masalah bootloop di Google, tetapi jika kalian tidak yakin memperbaikinya sendiri, sebaiknya segera bawa HP ke tukang service untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik daripada nanti kalian otak-atik sendiri malah tambah rusak.

Jika kalian yakin bisa memperbaikinya, tidak ada salahnya di coba sob, tapi kalau ada apa-apa tanggung penumpang ya!

Nah, itulah beberapa masalah dan solusi untuk merawat HP dengan baik dan benar, jika ada kesalahan dalam penyampaian informasi tolong berikan saran yang membangun pada kolom komentar ya sob!, Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

1 tanggapan pada “Cara Merawat HP Dengan Baik : Merawat HP Berdasarkan Masalah Yang Muncul”

  1. Pingback: Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp : Menggunakan WhatsApp Web – AsikMain.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *