Cara Mudah Cek IMEI HP : Tentukan Resmi atau Ilegal

  • by
Cara Mudah Cek IMEI HP : Tentukan Resmi atau Ilegal

AsikMain.com – Cek IMEI HP baru-baru ini menjadi sangat trending, pasalnya berkaitan dengan aturan pemerintah sejak 18 April 2020 lalu, para produsen HP harus meregistrasi semua nomor IMEI produknya. HP yang tidak terdaftar di Kemenperin secara otomatis akan di anggap tidak ada sehingga tidak bisa menggunakan layanan operator selular seperti Telepon, SMS, dan mengakses data internet. Untuk menggunakan Internet hanya bisa dengan WiFi.

Cek IMEI HP bertujuan untuk membunuh Black Market atau BM, sehingga jika HP kita sudah terdaftar nomor IMEI pada Kemenperin, maka HP yang kita miliki sudah resmi. Untuk melakukan cek IMEI HP supaya mengetahui sudah terdaftar resmi atau tidak, kita bisa lakukan dengan mengunjungi website resmi Kemenperin. Cara pengecekanya pun sangat sederhana yaitu hanya dengan memasukan Nomor IMEI maka kita akan tahu. Berikut ini adalah caranya :

  • Buka Browser dan kunjungi https://imei.kemenperin.go.id/
  • Masukan nomor IMEI dan Enter
  • Notifikasi HP resmi : IMEI terdaftar di database Kemenperin.
  • Notifikasi HP BM : IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin.

Sebelum memasukan nomor IMEI, tentu saja kita harus tahu nomor IMEI HP kita, Untuk cek IMEI HP sebenarnya tidaklah susah, hanya dengan beberapa langkah sederhana kita bisa mengetahui berapa nomor IMEI HP kita. Berikut ini adalah cara melakukan cek IMEI HP untuk semua merek :

  • Cek pada kardus/box HP, pada Box HP biasanya di bagian belakang tertera berbagai macam informasi termasuk nomor IMEI.

    Cara Mudah Cek IMEI HP : Tentukan Resmi atau Ilegal

    sumber : keepo.me

  • Menggunakan sistem dial, ketik *#06# dan panggil, tidak lama akan muncul beberapa informasi termasuk IMEI

    Cara Mudah Cek IMEI HP : Tentukan Resmi atau Ilegal

    sumber : huawei.com

Dua cara tersebut adalah cara yang umum untuk cek IMEI HP untuk semua jenis merek, namun jika gagal mungkin para sobat harus menggunakan cara lain berdasarkan jenis dan merek HP. Karena setiap merek HP juga mempunyai cara tersendiri untuk cek IMEI HP dari merek iPhone hingga Vivo semuanya ada sendiri-sendiri. Berikut ini adalah informasi lebih lengkapnya tentang cara cek IMEI HP berdasarkan merek produk.

Cara Cek IMEI HP Berdasarkan Merek Produk

Cek IMEI iPhone (Apple)

Cek IMEI HP produk Apple baik iPhone, iPad, maupun iPod memiliki cara yang sama yang sangat mudah, jika para sobat memiliki produk ini maka kita bisa mengecek IMEI dengan masuk ke Pengaturan pilih Umum lalu pilih Mengenai.

Dari sana akan muncul informasi lengkap mengenai segala hal tentang teknis HP yaitu seperti nama perangkat, tipe, nomor seri, dan juga nomor IMEI. Jika sudah mengetahui nomor IMEI, untuk mengetahui apakah HP kita adalah produk resmi atau BM, kita hanya perlu menyalin nomor IMEI tersebut untuk di cek pada website Kemenperin.

Selain itu, tanpa melalui pengaturan, nomor IMEI untuk iPhone juga tertera pada bagian belakang bawah Casing yang tertulis sangat kecil. Dan ada juga cara Cek IMEI HP produk Apple ini melalui iTunes, berikut adalah caranya :

  • Buka iTunes
  • Pilih Ringkasan
  • Klik nomor telepon untuk melihat nomor IMEI

Pada iPhone, kalian juga bisa mengecek IMEI secara langsung dari Casing bagian belakang, biasanya tulisanya sangat kecil sekali, dan terletak pada bagian belakang bawah.

Cara Mudah Cek IMEI HP : Tentukan Resmi atau Ilegal

sumber : lemoot.com

Itulah beberapa cara mudah cek IMEI HP besutan Apple, jika para sobat masih kebingungan, kalian bisa mencari tahu pada situs/web dukungan untuk Apple terkait nomor IMEI.
Support.Apple/IMEI

Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI HP Samsung caranya tidaklah sulit juga, dan hampir sama dengan produk Apple, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara cek IMEI untuk Samsung :
Dial

  • Tekan kode *#60#
  • Tekan Call/Panggil
  • Tanpa menunggu lama nomor IMEI akan muncul pada layar.

Melalui Menu

  • Pilih Setting atau pengaturan
  • Pilih About Phone atau Tentang Ponsel
  • Pilih Kode IMEI

Cara cek IMEI HP dengan dial merupakan cara umum yang bisa digunakan untuk Cek IMEI semua merek HP, dan jika gagal baru kita coba untuk masuk ke setting atau melihat pada box/kardus HP.

Cek IMEI Xiaomi

Cara sederhana melakukan Cek IMEI HP Xiaomi adalah dengan melakukan dial seperti halnya HP Samsung, yaitu dengan menekan *#60#, dan secara otomatis nomor IMEI akan muncul pada layar HP kita. Jika cara tersebut gagal, para sobat bisa melakukan pengecekan dengan cara berikut ini :

  • Pilih Settings atau pengaturan
  • Pilih About Phones atau Tentang Ponsel
  • Pilih Status
  • Pilih IMEI Information atau Informasi IMEI
  • Nomor IMEI akan muncul pada layar dengan segera. Nomor IMEI adalah nomor perangkat, jika HP sobat memiliki dua perangkat wadah SIM maka akan tertulis dua nomor IMEI yang berbeda.

Selain mengecek keaslian nomor IMEI pada Kemenperin, kita juga bisa memeriksa keaslian perangkat kita dengan memasukan nomor IMEI pada website resmi Xiaomi.

Cek IMEI OPPO

Untuk HP OPPO caranya juga sangat sederhana, selain melihat pada kardus pembelian dan jika gagal menggunakan dial, para sobat bisa menggunakan langkah berikut ini :

  • masuk ke Setting atau pengaturan
  • Carilah dan pilih About atau Tentang
  • Pilih Status
  • Nomor IMEI akan segera muncul pada layar HP OPPO para sobat

Cek IMEI Vivo

Cara cek IMEI HP Vivo tidak jauh beda dengan merek HP lain, dan untuk melihatnya melalui pengaturan, berikut adalah langkah sederhananya :

  • Pilih Setting atau pengaturan
  • Pilih More Setting
  • Pilih About Phone atau Tentang Ponsel
  • Secara otomatis nomor IMEI akan terlihat pada layar pada teks paling bawah.

Itulah beberapa tahapan yang sangat mudah sekali dilakukan untuk melakukan pengecekan IMEI berdasarkan merek HP. Jika para sobat memiliki HP resmi tentu bukanlah masalah, tetapi jika HP para sobat ternyata adalah BM atau ponsel ilegal, pasti bertanya-tanya “apa itu IMEI?”, karena sangat kerepotan dengan pembatasan layanan selular dari operator. Jika para sobat belum tahu apa itu IMEI, berikut ini adalah informasi yang layak kalian baca terkait IMEI.

Apa itu nomor IMEI?

Cara Mudah Cek IMEI HP : Tentukan Resmi atau Ilegal

sumber : wikipedia

Nomor IMEI adalah beberapa digit nomor unik untuk identifikasi perangkat HP GSM, WCDMA, iDEN, dan juga bahkan digunakan untuk perangkat ponsel satelit. Jika HP kita memiliki 2 slot kartu SIM maka tentu saja memiliki 2 nomor IMEI yang berbeda.

Nomor IMEI tidak akan pernah sama dari perangkat satu dengan perangkat yang lainya, sehingga jika suatu perangkat HP tidak terdaftar nomor IMEI nya pada produsen dan importir maka HP tersebut bisa kita katakan Ilegal. Karena IMEI ini adalah pelindung industri ponsel dari penyelundupan atau pasar gelap yang dapat merugikan negara karena tidak melewati pajak dan beacukai.

Data yang dirilis oleh APSI (Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia) bahwa 20% HP yang beredar di Indonesia adalah barang ilegal, sehingga sangat penting sekali melakukan pengecekan IMEI sebelum membeli suatu produk atau merek HP tertentu untuk melihat apakah barang ilegal atau resmi.

Selain untuk mengetahui apakah perangkat kita resmi atau ilegal, ternyata IMEI dapat kita gunakan untuk mengatasi tindak kriminal misalnya saja ketika HP kita telah hilang dicuri orang atau pindah tangan karena tidak sengaja kita jatuhkan, makan dengan nomor IMEI kita bisa melaporkan kepada jaringan komunikasi untuk melacak HP hilang atau memblokir semua akses layanan pada perangkat HP dengan nomor IMEI tersebut. Selain itu kita juga bisa mendapatkan pelayanan servis resmi ketika perangkat mengalami masalah jika IMEI kita terdaftar.

Demikianlah semua informasi terkait IMEI yang dapat disajikan oleh AsikMain.com untuk para sobat tekno, semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *