Cara Mudah Mengatasi Masalah USB Tidak Terbaca

5 Cara Mudah Mengembalikan Data Hilang Di Laptop dan Flashdisk dengan Aplikasi

AsikMain.com – Masalah USB sering datang dari pemakaian yang salah, walaupun sekarang sudah zamanya cloud computing, tetapi masih banyak sekali pengguna perangkat pintar masih menggunakan USB untuk mentransfer data dari PC/Laptop ke HP dan atau sebaliknya. Sehingga jika kabel USB rusak atau bermasalah, tentu para sobat yang masih memanfaatkan USB tidak bisa mengirim file.

Masalah USB biasanya terjadi karena pemakainya kurang memperhatikan pin/ujung USB sehingga USB tidak terbaca pada HP maupun Laptop. Selain itu ada beberapa masalah lain yang menyebabkan USB gagal terbaca oleh Laptop/PC dan HP.

Untuk mengatasi masalah USB yang tidak bisa terhubung ini, para sobat tidak perlu khawatir, karena dengan meninjau dari permasalahan atau penyebabnya, kita mungkin bisa memperbaikinya sehingga bisa melakukan pengiriman data atau file tanpa masalah lagi.

Masalah USB tidak terbaca dan Solusinya.

Berikut ini adalah beberapa Penyebab dan cara mengatasi masalah USB yang tidak terbaca :

Kondisi Kabel USB

5 Cara Mudah Mengembalikan Data Hilang Di Laptop dan Flashdisk dengan Aplikasi

sumber : akamaized.net

Secara umum masalah dapat jelas terlihat jika kabel USB kita sudah tidak layak misalnya kabel rusak, pin bengkok dan lain sebagainya, sehingga jika masalah USB tidak bisa terbaca disebabkan karena masalah kondisi yang sudah parah, maka kita tidak mungkin untuk menggunakan lagi, dengan kata lain buang saja kabel USB tersebut karena malah akan mendatangkan masalah lain jika dipakai.

Menggunakan kabel USB dengan kondisi yang sudah rusak sehingga putus nyambung dalam mentransfer data atau file tentu saja malah akan merusak memori, sehingga sangat tidak disarankan menggunakan kabel USB yang sudah rusak atau tidak layak seperti kriteria diatas. Sehingga untuk mengatasi masalah ini, kita beli saja kabel USB baru.

Port USB

5 Cara Mudah Mengembalikan Data Hilang Di Laptop dan Flashdisk dengan Aplikasi

sumber : technologue.id

Jika kabel USB dalam keadaan baik dan tidak ada tanda kerusakan, kita coba melakukan pengecekan pada port USB. Kita harus pastikan port (lubang) USB dalam keadaan yang baik sehingga bisa mengalirkan arus data atau file yang kita transfer.

Dalam melakukan pengecekan port USB, pastikan tidak ada gejala fisik seperti berkarat, logam bengkok, logam terkelupas dan lainya. Dan juga selain itu, untuk memastikan secara lebih akurat, cobalah menggunakan kabel USB lain, Jika semua kabel USB tidak terbaca, maka kita bisa menyimpulkan masalah datang dari Port USB.

Untuk mengatasi masalah ini, tentu saja tidaklah mudah jika kita tangani sendiri, karena port USB biasanya sudah tertanam pada perangkat baik PC maupun HP, sehingga seolusinya adalah kita harus membawa ke tukang service terpercaya. Dan jika perangkat para sobat masih memiliki garansi, biasanya untuk port USB masih bisa dilakukan klaim, sehingga kita tidak perlu merogoh dompet.

Driver USB pada Laptop/PC

5 Cara Mudah Mengembalikan Data Hilang Di Laptop dan Flashdisk dengan Aplikasi
Jika kedua perangkat keras diatas yaitu kabel USB dan Port USB tidak bermasalah tetapi kita tidak bisa menghubungkan menggunakan USB, maka kita bisa memperkirakan masalah USB tidak terbaca karena Driver USB yang rusak atau datanya sudah rusak.

Untuk mengatasi masalah Driver USB yang rusak, kita bisa melakukan re-Install pada driver USB. Driver merupakan pengubung perangkat keras dan perangkat lunak supaya dapat terhubung dan dioperasikan dalam satu kesatuan. Sehingga jika Driver USB bermasalah, tentu saja hardware USB tidak dapat digunakan dengan baik karena tidak ada sistem yang mengelola Hardware tersebut.

Solusi masalah ini tentu saja kita harus memperbarui Driver dan bisa juga dengan mendownload Driver yang kompetible dengan perangkat yang kita gunakan, karena saat ini ada berbagai jenis tipe USB dan semuanya memiliki driver yang berbeda-beda. Menurut pengalaman saya, kita bisa menginstall Driver USB All in One biasanya disebut USB Universal.

Pergeseran mode USB ke MTP dan Charging

5 Cara Mudah Mengembalikan Data Hilang Di Laptop dan Flashdisk dengan Aplikasi

sumber : addictivetips.com

Masalah USB ini terjadi biasanya karena eror pada pengaturan saja, sehingga para sobat tidak perlu khawatir dengan masalah USB ini. Kita bisa menjumpai ketika menghubungkan HP ke PC atau laptop, biasanya pada HP akan tertera dua opsi yaitu pengecasan / Charging dan MTP (Transfer File)

Jika petunjuk menunjukan Charging, tentu saja kita tidak bisa melakukan transfer file, karena USB hanya berperan mengalirkan daya dari laptop/PC ke HP, maka untuk melakukan transfer data, kita harus memilih opsi MTP, sehingga penyimpanan akan muncul pada notifikasi laptop/PC para sobat.

Instalasi Driver

Seperti pada pokok permasalahan Driver USB, kita memang harus memasang Driver yang sesuai dengan perangkat kita, karena Sistem akan membaca sesuai dengan Hardware yang terpasang. Jika pada Laptop/PC, maka kita bisa menggunakan Driver yang sesuai dengan OS yang di install. Dan untuk perangkat HP, kita harus melakukan instalasi Driver sesuai dengan merek.

Biasanya setiap merek HP menyediakan driver dan update OS untuk kinerja perangkat yang mereka pasarkan, dan untuk melakukan instalasi driver USB tentu saja jangan melakukan kesalahan, misalnya para sobat mempunyai HP Xiaomi, maka carilah Driver USB dari website resmi Xiaomi, jangan memasang Driver USB merek lain.

Mengganti Kabel USB

Kabel USB memang terlihat sama, dan memang sama jika dicolokan, tetapi terkadang ada masalah USB tidak bisa membaca karena kabel USB yang kita gunakan tidak original atau tidak asli, sehingga mungkin walaupun pas di pasang, tetapi tidak pas pada Drivernya.

Walaupun hal ini jarang terjadi, tetapi memang harus dicari solusi yang tidak bukan dan tidak lain harus menggunakan kabel USB yang original atau asli. Selain untuk mentransfer File dan data, setiap kabel USB ternyata juga memiliki perbedaan dalam hal aliran arus listriknya. Jika kita menggunakan kabel data transfer dengan kabel aliran arus kecil, hal ini juga bisa menjadi masalah seperti tersendat atau macet. Kita buat analogi sederhana saja, jika kita minum es degan dengan sedotan kecil tentu saja degan akan menyangkut pada sedotan dan tidak bisa dimakan, kita anggap degan tersebut adalah data yang akan di transfer dan sedotan adalah kabelnya, cukup bisa dipahami bukan?

Gunakanlah kabel USB lain dan usahakan kabel USB yang kompetible atau asli, tapi jika di pasang dengan kabel USB lain yang asli atau kompetible tetap tidak dapat membaca, maka masalah USB tidak bisa terbaca kembali ke Port USB bermasalah.

Update OS

5 Cara Mudah Mengembalikan Data Hilang Di Laptop dan Flashdisk dengan Aplikasi

sumber : makeuseof.com

Jika semua solusi diatas tidak ada perkembangan yang bagus untuk mengatasi masalah USB yang tidak terbaca, maka para sobat harus melihat OS yang berjalan pada perangkat smartphone, bisa jadi OS yang dijalankan saat ini belum update sehingga program tidak bekerja dengan baik termasuk program driver untuk USB.

Selain itu, kita juga harus melihat OS pada laptop/PC yang kita gunakan, karena belakangan ini banyak ponsel cerdas yang hanya bisa terhubung dengan OS yang sudah diperbarui, misalnya saja Windows 10. Sehingga jika USB gagal terbaca kita bisa coba melakukan pembaruan pada OS yang sudah usang.

Jika semua tahapan diatas sudah ditempuh tetapi masalah USB gagal terbaca tidak teratasi, maka sebaiknya para sobat tekno pergi ke tukang service terpercaya untuk mengenali masalah lebih lanjut. Jangan mencoba membuka perangkat HP atau Laptop para sobat jika bukan ahlinya, karena ditakutkan akan salah sasaran apalagi komponen HP berukuran lebih kecil, sehingga malah akan memperparah keadaan. Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

6 tanggapan pada “Cara Mudah Mengatasi Masalah USB Tidak Terbaca”

  1. Pingback: 10 Cara Mudah Untuk Merawat Baterai HP Supaya Tetap Awet | Neko Tech

  2. Pingback: 5 Cara Mudah Membersihkan Keyboard Laptop supaya Tetap Awet | Neko Tech

  3. Pingback: 5 Cara Mudah Membersihkan Keyboard Laptop supaya Tetap Awet – AsikMain.com

  4. Pingback: 10 Cara Mudah Untuk Merawat Baterai HP Supaya Tetap Awet – AsikMain.com

  5. Pingback: 5 Cara Mudah Menghubungkan Layar HP Android ke Laptop dan Komputer – AsikMain.com

  6. Pingback: 5 Langkah Mudah Merawat Laptop Supaya Lebih Awet – AsikMain.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *