Cara Mudah Mengatur Suhu Laptop Supaya Tidak Overheat

Cara Mudah Mengatur Suhu Laptop Supaya Tidak Overheat

AsikMain.com – Mengatur suhu laptop agar tetap stabil adalah suatu keharusan bagi para penggunanya, karena hal tersebut sangatlah penting supaya laptop kita lebih awet digunakan. Menggunakan laptop dengan waktu yang lama tentu saja akan akan membuat suhu laptop menjadi panas, apa lagi kita menggunakan laptop untuk mengerjakan pekerjaan yang menguras banyak tenaga dari CPU dan RAM misalnya melakukan desain grafis 3D dan juga misalnya untuk bermain game, maka secara otomatis suhu laptop akan naik secara drastis.

Mengatur suhu laptop dapat kita lakukan dengan cara manual misalnya mengistirahatkan sejenak dan menggunakannya di ruangan yang sejuk, tetapi jika kita menggunakan laptop secara terus menerus dan tidak sempat untuk mengistirahatkan, tentu saja laptop akan “tersiksa“. Memang perangkat laptop adalah alat, tetapi jika terus dipaksa untuk bekerja maka akan berdampak buruk, sehingga kita membutuhkan pendingin untuk mengatasi naiknya suhu laptop yang drastis ini.

Selain melalui eksternal, ternyata ada beberapa aplikasi yang mampu mengatur suhu laptop supaya tetap setabil ketika dipasang atau di install. Aplikasi tersebut biasanya bekerja dengan cara mengatur kipas supaya lebih dingin dan meminimalisir kenaikan suhu pada laptop. Sehingga bagi para sobat yang sering menggunakan laptop dalam waktu yang lama, sebaiknya memasang aplikasi-aplikasi berikut ini untuk mengatur suhu laptop supaya lebih stabil :

Aplikasi Pendingin Suhu Laptop Terbaik

HP CoolSense

Cara Mudah Mengatur Suhu Laptop Supaya Tidak Overheat

sumber : Hp cool sense

Laptop menjadi sangat panas biasanya karena kita gunakan cukup lama untuk mengerjakan sesuatu, selain itu juga suhu laptop akan cepat meningkat ketika kita menggunakannya untuk melakukan pekerjaan berat seperti edit video, desain grafis 3D dan juga bermain game berat.

Pendingin yang dikembangkan oleh produsen laptop HP yang bernama HP CoolSense adalah rekomendasi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam mengatur suhu laptop, Aplikasi ini mengatur pendingin kipas untuk disesuaikan dengan kinerja laptop, jika laptop bekerja sangat keras maka aplikasi ini akan memerintahkan kipas untuk mendinginkan lebih sering daripada ketika hanya digunakan dengan wajar. Semakin keras kinerja pada laptop maka akan semakin cepat putaran kipasnya.

Aplikasi ini memang sangat unik sekali dalam mengatur suhu laptop karena dapat menyeimbangkan antara panas dan dingin dengan mengontrol penuh perputaran kipas pada laptop.

DOWNLOAD

Core Temp

Cara Mudah Mengatur Suhu Laptop Supaya Tidak Overheat

sumber : mcitponlinetraining.com

Core Temp merupakan aplikasi yang dapat melakukan kontrol pada suhu prosesor. Aplikasi ini sebenarnya bukanlah software untuk mengatur suhu laptop, melainkan hanya aplikasi untuk memantau suhu laptop.

Dengan aplikasi Core Temp, kita bisa melihat suhu prosesor dengan detail, misalnya saja jika kita menggunakan laptop dengan prosesor octa-core, kita bisa memantau pada setiap intinya. Pada aplikasi ini kita dapat memantau suhu pada prosesor dan biasanya kenaikan suhu yang drastis memang jika kita menggunakan laptop karena menggunakan laptop untuk pekerjaan berat.

Cara mengatur suhu laptop dengan aplikasi ini adalah dengan cara manual, jika suhu dan temperatur pada indikator sudah menunjukan tanda merah, sebaiknya kita menghentikan atau mengistirahatkan sejenak laptop kesayangan kita, sehingga laptop bisa lebih awet dan tetap lancar digunakan.

DOWNLOAD

HW Monitor

Cara Mudah Mengatur Suhu Laptop Supaya Tidak Overheat

sumber : malavida.com

Jika para sobat pernah kenal dengan CPUID, maka HW Monitor adalah aplikasi dari perusahaan yang sama bersama dengan CPU-Z. Fungsi dari HW Monitor ini adalah untuk memantau kesehatan laptop kita, dan salah satunya adalah temperatur pada laptop.

Ada beberapa bagian yang dipantau oleh aplikasi ini yaitu antara lain :

  • Voltase
  • Temperatur
  • Kecepatan kipas pendingin

dengan menampilkan pada indikator aplikasi, HW Monitor juga tentu saja sangat bisa digunakan untuk menatur suhu laptop yang panas ketika digunakan. HW Monitor akan mempercepat putaran kipas untuk mendinginkan laptop ketika sedang panas.

HW Monitor masih terus melakukan perbaikan untuk perkembangan aplikasi ini, hampir setiap bulan aplikasi ini melakukan pembaruan, selain itu aplikasi ini juga sudah dapa digunakan pada laptop dengan model CPU terbaru, sehingga kita tidak perlu mempermasalahkan mengenai kompetiblenya.

DOWNLOAD

SpeedFan

Cara Mudah Mengatur Suhu Laptop Supaya Tidak Overheat

sumber : almico.com

Seperti namanya SpeedFan yang berarti kecepatan kipas, dan itu adalah hal yang benar karena aplikasi ini dapat mengatur suhu laptop dengan mengatur kecepatan kipas dengan sistem sensor. SpeedFan dikembangkan dengan fitur akses sensor digital yang dapat memantau temperatur suhu laptop kita, dan dengan mengetahui suhu dari monitor, kita dapat mengubah kecepatan kipas sehingga dapat menurunkan suhu yang tinggi.

Fitur yang lain dari SpeedFan untuk mengatur suhu laptop adalah anti bising, sehingga kita bisa menggunakan laptop dengan nyaman tanpa ada gangguan suara bising dari kipas yang berputar kencang.

SpeedFan dapat bekerja pada OS Windows dari Windows NT hingga Windows 10, sehingga para sobat tidak perlu khawatir dengan kompetible aplikasi ini.

DOWNLOAD

Real Temp

Cara Mudah Mengatur Suhu Laptop Supaya Tidak Overheat

sumber : eteknix.com

Jika para sobat menggunakan laptop dengan prosesor Intel, maka Real Temp adalah aplikasi yang tepat untuk mengatur suhu laptop, karena aplikasi ini memang khusus dibuat untuk laptop dengan prosesor intel yaitu mulai dari prosesor single core hingga core i7.

Pada prosesor intel, setiap core terpasang Digital Thermal Sensor atau biasa disebut DTS, sensor tersebut berfungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk mengetahui suhu prosesor, dan kaitanya dengan Real Temp ini dalam mengatur suhu laptop, aplikasi ini mampu mengakses DTS pada setiap Core, sehingga data sangat akurat sekali.

Bagi para sobat yang suka bermain game dengan laptop, aplikasi ini sangat wajib untuk dipasang, karena akan membantu memantau suhu pada setiap core dan mendinginkanya dengan melakukan perintah sistem kepada kinerja kipas.

DOWNLOAD

Itulah beberapa aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk mengatur suhu laptop, untuk penggunaan aplikasi atau software, tentu saja juga harus dibarengi dengan kondisi hardware nya, jika kipas sudah rusak atau kotor, tentu saja dengan aplikasi apapun suhu laptop tidak akan bisa di minimalkan.

Selain menggunakan aplikasi, kita juga bisa menggunakan hardware atau dengan kata lain perangkat eksternal, dan juga kita juga bisa melakukan beberapa trik untuk mengatasi kenaikan suhu laptop yang akan Admin Neko rangkum sebagai berikut :

Tips Mudah mengatur suhu laptop

Matikan Laptop

Jika suhu laptop sudah tinggi, sebaiknya kita mengistirahatkan untuk sejenak, sehingga semua komponen istirahat dan berhenti bergerak. Tentu saja jika hal ini dilakukan suhu akan berangsur angsur turun.

Menggunakan Kipas pendingin tambahan

Kipas pendingin yang biasa kita sebut Cooling Pad merupakan cara efektif untuk mendinginkan laptop. Kipas bantalan pendingin ini sangat cocok digunakan ketika kita menggunakan laptop dalam waktu lama, sehingga suhu dapat stabil.

Menggunakan laptop di tempat dengan suhu dingin

Suhu akan menyesuaikan dengan sendirinya, jika laptop yang kita gunakan suhunya semakin naik tetapi kita berada pada ruangan dingin, tentu saja suhu panas pada laptop akan di tekan dengan suhu dingin dari luar untuk mendapatkan titik suhu yang seimbang, sehingga mengatur suhu laptop dengan memakainya pada ruangan atau tempat dingin adalah termasuk cara yang efektif.

Sesuaikan kinerja laptop

Jika kita menggunakan laptop standar untuk mengerjakan pekerjaan berat, tentu saja hal tersebut akan membuat beban pada perangkat laptop kita, sehingga suhu akan cepat naik secara drastis, sehingga kita harus menyesuaikan spesifikasi dan penggunaan. Jika kita memaksakan spesifikasi laptop sederhana untuk digunakan bekerja berat, tentu bukan hanya perkara suhu yang menjadi masalah, bisa jadi perangkat laptop kita rusak karena terlalu dipaksakan.

Demikianlah ulasan mengenai bagaimana cara mengatur suhu laptop supaya tetap stabil dan nyaman digunakan, jika ada cara lain yang lebih bagus silahkan para sobat tinggalkan komentar yang membangun untuk bahan diskusi bersama, semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan