Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen : Merawat Laptop Layar Sentuh

Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen : Merawat Laptop Layar Sentuh

AsikMain.com – Cara Merawat dan Membersihkan Layar laptop Touchscreen. Penerapan layar sentuh atau Touchscreen memang sudah banyak diterapkan pada layar laptop saat ini. Konsep layar sentuh memang sama dengan ponsel pintar, dengan menggunakan layar sentuh, kita bisa dengan bebas menggerakkan layar tanpa mouse dan langsung dengan sentuhan jari.

Penerapan layar sentuh pada laptop ini memang merupakan bentuk perkembangan teknologi yang menawarkan kemudahan pengoperasian sebuah perangkat laptop, tetapi dalam penggunaannya, karena seringnya layar disentuh dengan jari, maka akan timbul berbagai masalah jika kita tidak merawatnya dengan baik.

Untuk merawat layar laptop Touchscreen, para sobat bisa mengikuti artikel AsikMain ini hingga tuntas karena pada konten ini Admin akan membahas bagaimana Cara merawat dan membersihkan Layar Laptop Touchscreen dengan baik dan benar, sehingga dapat digunakan lebih awet atau tidak cepat rusak, selain itu juga tetap terjaga kenyamanan nya ketika digunakan karena terhindar dari masalah yang mungkin datang dari penggunaan.

Cara Merawat Layar Laptop Touchscreen

Untuk perawatan layar laptop touchscreen, para sobat bisa memulainya dari hal sederhana seperti rajin membersihkan layar dan menjaga dari gesekan maupun benturan benda tajam. Cara membersihkan layar sentuh laptop bukanlah perkara sulit dan memang mudah untuk dipraktekan, untuk lebih jelasnya, simak beberapa tips berikut ini :

1. Membersihkan Layar Laptop Touchscreen

Membersihkan layar sentuh pada laptop memang tidaklah sulit, tetapi para sobat harus memperhatikan beberapa aspek termasuk penggunaan bahan kimia maupun alat pembersih nya, simak untuk lebih lengkapnya.

Gunakan Kain Microfiber

Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen : Merawat Laptop Layar Sentuh

sumber : ac10hacks.com

Microfiber merupakan sejenis kain yang terbuat dari serat fiber, kain ini biasanya digunakan sebagai pembersih lensa kacamata dan sangat lembut ketika di pegang, sehingga jika digunakan untuk membersihkan layar monitor touchscreen akan lebih aman karena tidak menimbulkan goresan.

Untuk membersihkan layar sentuh pada laptop, para sobat sebaiknya mematikan laptop terlebih dahulu karena laptop yang dibekali dengan layar sentuh tentu saja akan terganggu jika dibersihkan dalam kondisi menyala, dan juga bisa jadi laptop menjadi rusak karena dengan layar sentuh akan memungkinkan laptop menjalankan perintah secara random dan bersamaan karena kita harus menekan dan menyentuh pada panel layar sentuh.

Setelah laptop dimatikan, bawalah ke tempat dengan pencahayaan yang bagus sehingga kita bisa membersihkannya dengan leluasa. Gosok dan tekan secara perlahan bagian yang kotor dan berdebu, sapu ke arah yang sama atau lakukan searah sehingga debu bisa tersingkir keluar. Para sobat jangan menekan terlalu keras karena bisa mengakibatkan kerusakan komponen.

Setelah di bersihkan, para sobat bisa melakukan pengecekan apakah layar sudah bersih atau belum. Caranya adalah dengan menyalakan laptop dan menaikkan kontras dengan background warna putih, hal ini di maksutkan untuk melihat apakah masih ada bagian yang kotor, karena dengan kontras yang tinggi kotoran akan mudah terlihat pada layar.

Menggunakan Cairan pembersih

Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen : Merawat Laptop Layar Sentuh

sumber : jalantikus.com

Penerapan cairan pembersih layar sentuh pada laptop ini bisa di gabungkan dengan cara yang pertama, pada cara sebelumnya, kita tidak menggunakan cairan pembersih karena hanya fokus pada kotoran atau noda yang mudah dibersihkan saja, tetapi jika ada kotoran atau noda yang sulit dibersihkan, para sobat bisa menggunakan cairan pembersih layar dengan microfiber untuk menggosoknya secara perlahan.

Cara membersihkanya adalah dengan meneteskan cairan pembersih pada kain microfiber dan menggosokannya secara perlahan pada bagian yang kotor. Biasanya kotoran atau noda pada layar akan mudah hilang dengan menggunakan cairan pembersih ini. Setelah bersih, para sobat bisa mengeringkan bagian yang masih lembab dengan kain kering yang lembut, sehingga laptop siap digunakan kembali.

Sebelum membersihkan layar Laptop touchscreen, sebaiknya para sobat membersihkan layar dari debu terlebih dahulu sebelum pengaplikasian cairan pembersih layar, sehingga layar dapat lebih bersih secara optimal.

Ada yang perlu di garis bawahi dalam membersihkan layar menggunakan cairan pembersih ini. Para sobat sebaiknya menggunakan cairan pembersih khusus untuk layar, dan tidak menggunakan cairan lain seperti pembersih kaca dan mungkin alkohol, cairan pembersih layar dibuat dengan zat kimia yang sudah teruji aman untuk digunakan pada layar sentuh laptop. Jika para sobat membersihkan layar menggunakan cairan pembersih kaca dan alkohol, hal itu sangat tidak dibenarkan, karena akan mengikis layar dan bisa menghilangkan Coating atau pelindung layar pada laptop.

Cairan pembersih layar tidaklah sulit di dapatkan, para sobat bisa membelinya di toko komputer dan juga ada di toko HP, karena cairan pembersih layar ini sama dengan yang digunakan pada pembersih HP.

Membersihkan Layar laptop Touchscreen dengan “Minyak Kayu putih” dan “Minyak Telon”

Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen : Merawat Laptop Layar Sentuh

sumber : cloudfront.net

Ternyata minyak kayu putih dan minyak telon tidak hanya di oleskan untuk bayi setelah mandi, kedua minyak ini bisa digunakan sebagai alternatif cairan pembersih layar sentuh laptop. Minyak kayu putih dan minyak telon sering diterapkan untuk membersihkan layar sentuh baik pada HP maupun untuk laptop karena sangat efektif dalam mengangkat debu dan noda yang sulit hilang pada layar.

Cara menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan layar laptop touchscreen sangat mudah, para sobat bisa menggunakan kain microfiber atau kain yang lembut dengan di tetesi sedikit minyak kayu putih, lalu usapkan pada bagian layar secara menyeluruh, para sobat juga bisa fokus pada bagian dengan noda yang membandel. Setelah dipastikan semua bersih, kalian bisa mengeringkannya dengan kain kering yang lembut, sehingga laptop segera siap di pakai kembali.

Membahas mengenai alternatif pembersih layar Laptop touchscreen, para sobat tidak dibenarkan membersihkan layar dengan menggunakan tisu basah, karena tisu basah mengandung kadar Alkohol yang tentu saja tidak baik untuk layar, keterangan lebih lanjut dapat di simak pada keterangan di atas pada penerapan cairan pembersih layar.

Selain membersihkan, untuk merawat Layar Laptop touchscreen, para sobat juga harus melindungi supaya tidak rusak. Langkah melindungi layar sentuh bisa dengan cara berikut ini.

2. Pemasangan Pelindung : Layar Anti-Gores

Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen : Merawat Laptop Layar Sentuh

sumber : tokopedia.net

Sama seperti halnya pada HP layar sentuh, Layar laptop Touchscreen juga dilapisi dengan pelindung anti gores. Tujuan dari penerapan anti gores tidak lain adalah untuk melindungi layar dari gesekan yang berpotensi merusak layar.

Jika pada laptop dengan layar sentuh para sobat sudah di bekali dengan layar anti gores, tentu tidak jadi masalah lagi, tapi jika Laptop dengan layar sentuh para sobat belum memiliki pelindung anti gores, sebaiknya kalian segera memasang pelindung sehingga terhindar dari goresan secara langsung ke panel layar sentuh yang bisa mengakibatkan kerusakan.

Layar anti gores untuk laptop touchscreen bisa di dapatkan di toko komputer, para sobat bisa mendapatkannya dengan harga yang berbeda-beda, belilah pelindung dengan kualitas terbaik sehingga layar sentuh pada laptop dapat terlindungi secara optimal.

Demikianlah Tips merawat dan membersihkan Laptop Touchscreen yang bisa para sobat pelajari dan terapkan, jika para sobat punya saran dan tips yang lain, silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

1 tanggapan pada “Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen : Merawat Laptop Layar Sentuh”

  1. Pingback: Cara Merawat Touchpad Laptop Supaya Nyaman dan Awet – AsikMain.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *