Cara Mudah Mengatasi Play Store Error

  • by
Cara Mudah Mengatasi Play Store Error

Play Store Error – AsikMain.com. Google Play Store adalah aplikasi bawaan dari perangkat seluler Android yang merupakan layanan dari Google yang menyediakan berbagai macam aplikasi dari jenis aplikasi yang berbayar hingga aplikasi gratis. Supaya mudah di pahami, Play store ini bisa di katakan sebagai “pasar”nya aplikasi Android, sehingga jika ingin mencari aplikasi untuk perangkat Android, kita bisa mencarinya di Play store.

Aplikasi yang berada di Play store memang menurut survey tidak semuanya aman, tetapi pihak Google selaku pengembang Android menjamin keaslian aplikasi yang berada di Google Play di bandingkan dengan tempat penyedia aplikasi lain, sehingga para sobat tidak perlu khawatir jika menggunakan aplikasi dari Play store.

Dalam penggunaanya, Play Store Error sering terjadi baik ketika melakukan update aplikasi, download dan masalah yang lainnya. Masalah Play store error bisa jadi datang dari perangkat Android atau ada aplikasi yang bermasalah, sehingga untuk lebih jelasnya, AsikMain akan membahas mengenai Cara mengatasi Play Store Error secara lebih detail.

Sebelum lanjut ke hal yang lebih rinci, kita akan membuat identifikasi awal kenapa Play store error. Secara umum, play store error dapat di picu dari beberapa hal mendasar berikut ini.

    • Waktu tidak sesuai, yaitu antara waktu pada perangkat Android dengan waktu pada Play store
    • Koneksi Internet yang kurang mendukung
    • Play store tidak Update
    • Google Play service tidak Update
    • Penggunaan VPN pada HP Android
    • Penyimpanan tidak terbaca, biasanya adalah masalah memori eksternal seperti MicroSD

Dari beberapa hal mendasar yang menyebabkan Play store error, tentu saja ada cara sederhananya untuk mengatasi masalah tersebut sebagai berikut.

    • Sesuaikan waktu dengan menggunakan sinkronisasi otomatis, dan jika gagal maka cobalah dengan cara manual
    • Jika memiliki koneksi internet yang kurang baik, maka carilah provider lain atau WiFi lain dengan
    • koneksi internet yang lebih baik sehingga dapat mengatasi Play store error.
    • Selalu Update secara berkala Play store pada HP Android sehingga bisa menggunakan fitur terbaru dan yang pasti dapat mengatasi Play store error
    • Jangan menggunakan VPN ketika mengakses Play store atau Download aplikasi, karena biasanya VPN mempunyai koneksi yang tidak stabil, sehingga menyebabkan Play store error.
    • Gunakan penyimpanan MicroSD dengan kualitas terbaik sehingga tidak mudah rusak.

Beberapa hal di atas adalah permasalahan umum yang menyebabkan Play store error. Selain beberapa masalah di atas, Play store memiliki berbagai macam masalah lain yang lebih berat sehingga mengakibatkan Play store menjadi error yang sudah admin Nekotech rinci sebagai berikut.

Cara mengatasi Play Store Error

Kita akan membahas satu per satu setiap masalah error pada Play store, untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Masalah “Sayangnya Google Play Store telah berhenti”

Cara Mudah Mengatasi Play Store Error
Play store error ini sering terjadi ketika kita membuka Play store dan mncul notifikasi “Sayangnya Google Plat store telah berhenti”. Masalah tersebut terjadi bisa karena memori penyimpanan yang hampir penuh dan bisa juga karena ada aplikasi yang rusak atau korup. Cara mengatasi Play store error ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Hapus aplikasi yang sudah tidak di perlukan lagi pada HP Android, karena bisa jadi selain karena aplikasi yang bermasalah, penyimpanan utama terlalu penuh karena banyaknya aplikasi yang ter instal.
  • Non aktifkan Play store dan hapus Cache. Buka menu “Setting”“Pengaturan” pilih “Aplikasi” atau “App”, pilih Google Play store dan pilih Non aktifkan selain itu juga hapus Cache. Restart HP android.
  • Re login akun Google. Caranya adalah dengan menghapus akun Google yang sudah ada dan memasukkan lagi akun google dengan login.
  • Instal ulang Google Play. Caranya adalah pilih menu “Settings” lalu pilih “Aplikasi” pilih “Google Play Store” dan pilih “Uninstal”. Setelah selesai, maka kita install lagi aplikasi Play store sehingga aplikasi sudah bersih dari error maupun data yang korup.

Pada cara terakhir untuk mengatasi Play store error, tentu saja hampir tidak mungkin di lakukan karena Google Play store merupakan aplikasi bawaan Android, sehingga para sobat membutuhkan root untuk memodifikasi sistem, tetapi cara ini tentu saja bukanlah cara yang aman, sehingga tidak direkomendasikan untuk para sobat.

Masalah “Tidak cukup ruang pada perangkat”

Cara Mudah Mengatasi Play Store Error
Play store error karena muncul notifikasi “tidak cukup ruang pada perangkat” sudah sangat jelas sekali jika penyebabnya adalah karena penyimpanan HP Android kita terbatas atau tidak ada ruang lagi untuk file apapun, sehingga Play store membuat notifikasi tersebut.

Cara mengatasi masalah ini sangat mudah sekali, kalian hanya perlu menghapus data yang sudah tidak diperlukan lagi, selain itu juga dapat melakukan Uninstal beberapa program yang sudah tidak digunakan, sehingga dapat menambah memori penyimpanan sehingga kita bisa kembali memasukan aplikasi dari play store dengan cara instal ke dalam HP Android tanpa ada notifikasi tersebut.

Jika para sobat kesulitan dalam menghapus data karena menganggap semua data penting, kalian bisa melakukan back up data terlebih dahulu, sehingga Play store error dapat teratasi. Media back up data bisa menggunakan Flashdisk dengan memanfaatkan OTG atau juga bisa pada hard disk. Selain penyimpanan secara fisik, kita juga dapat menyimpan semua data pada Cloud Storage yang memungkinkan kita menyimpan data yang banyak tanpa takut kerusakan pada perangkat keras, salah satu penyedia layanan tersebut adalah Google yaitu Google Drive.

Notifikasi Play Store Error code

Cara Mudah Mengatasi Play Store Error

Play store Error code 403

Masalah ini disebabkan karena pengaturan proxy pada HP Android dan juga biasanya datang karena koneksi internet yang tidak stabil. Cara mengatasi masalah ini cukup mudah yaitu hanya dengan Re login di Play store.

Hapuslah akun Google dari HP, lalu masukan kembali akun yang tadi di hapus atau para sobat juga bisa menggunakan akun lain untuk login, sehingga Play store Error dapat teratasi.

Play store Error code 491

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menghapus Cache dan juga data di Play Store dengan menu “Setting” lalu pilih “Aplikasi” dan pilih “Google Play Store” Pilih ” Peyimpanan” lalau “Hapus data” dan “Hapus Cache”

Play store Error code 492

Hentikan paksa Play store untuk mengatasi masalah ini dengan cara masuk menu “Setting” pilih “Aplikasi” dan pilih “Aplikasi yang bermasalah” lalu “Hentikan paksa”
Selain itu kita juga bisa mencoba menghapus Cache dan data seperti cara mengatasi error code 491.

Play Store Error code 495

Jika notifikasi ini muncul, berarti ada kesalahan pada aplikasi yang sedang kita download atau ketika kita update aplikasi. Cara mengatasi error code 495 adalah dengan Log out Play store.

Pilih menu “setting”, lalu pilih “Aplikasi” pilih “Google Play Store” pilih “penyimpanan” lalu pilih “Clear data / Hapus data”. Dengan begitu kita akan log out sendiri dan kita hanya perlu login kembali untuk menggunakannya tanpa masalah jika tidak ada kendala lain.

Play Store Error code 498

Kode ini muncul ketika kita menggunakan Play store disebabkan karena perangkat Android kita terlalu banyak menyimpan Cache yang memenuhi memori, jalan keluarnya adalah dengan menghapusnya. Caranya bisa ikuti cara sebelumnya pada penyelesaian Error code 492.

Selain beberapa kode error di atas, masih ada beberapa kode error yang lain seperti Error code 927 yang di akibatkan karena google Play sedang melakukan update layanan, Error code 504 menandakan karena ada kesalahan pada aplikasi yang kita download, dan yang lainya. Tetapi pada dasarnya masalah error pada play store dapat kita atasi dengan memantau nya melalui Penyetelan aplikasi, sehingga para sobat tidak perlu jauh-jauh dari setting jika mengalami masalah tersebut.

Demikianlah beberapa informasi terkait solusi mengatasi Play Store error, Semoga dapat bermanfaat.

Bagikan postingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *