Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dimatikan karena Macet

  • by
Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dimatikan karena Macet

Mengatasi Laptop Tidak Bisa dimatikan – AsikMain.com. Jika para sobat mengalami masalah ini, biasanya kalian akan bertanya Kenapa Laptop tidak bisa dimatikan ?.

Laptop tidak bisa dimatikan biasanya karena beberapa alasan yang menyebabkan perangkat laptop menjadi macet atau hang, bisa jadi karena Hard Disk yang terlalu penuh atau mungkin banyaknya program yang berjalan sehingga RAM tidak bisa menampung proses.

Pada beberapa kasus laptop tidak bisa dimatikan karena ada komponen yang sudah tidak berfungsi dengan baik karena usia pemakaian yang sudah lama, sehingga kita membutuhkan Shortcut atau jalan pintas untuk mengatasi masalah ini.

Laptop dalam keadaan macet atau hang memang menjadi masalah yang sulit di atasi sehingga jalan keluarnya adalah dengan melakukan restart atau mematikan laptop sehingga semua program yang menyebabkan terjadinya hang akan berhenti.

Untuk mematikan laptop dalam keadaan Hang tentu bukan perkara yang mudah, karena kita tidak bisa menggerakkan kursor menggunakan Mouse ataupun Touchpad jika sudah parah. Tetapi para sobat jangan khawatir karena AsikMain akan memberikan solusi jitu untuk mengatasi laptop tidak bisa dimatikan karena Hang. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa tips berikut ini.

Cara mengatasi Laptop tidak bisa dimatikan

Untuk mematikan laptop, ternyata tidak hanya bisa menggunakan prosedur Shutdown yang berada pada menu, kita bisa mematikan laptop dengan berbagai cara misalnya menggunakan Keybord atau dengan trik tertentu sehingga kita bisa memanfaatkannya ketika kesulitan untuk mengatasi laptop tidak bisa di matikan karena macet atau hang. Untuk info lebih lengkapnya, simak beberapa tips berikut ini :

Menggunakan Tombol Rahasia

Pada penggunaan Windows 8, Microsoft menerapkan opsi rahasia untuk mematikan laptop atau PC yang sedang dalam keadaan darurat. Tombol rahasia ini di desain supaya berjalan dengan sistem yang terpisah sehingga tidak terpengaruh ketika laptop atau PC sedang mengalami masalah seperti Hang atau macet yang mengharuskan penggunanya untuk melakukan Restart atau Shutdown.

Untuk menerapkan fitur ini, para sobat cukup melakukan langkah mudah yaitu dengan mengarahkan kursor pada bagian kanan pojok atas sehingga muncul Slide yang berisi tombol windows, setting, search, dan yang lainya. Setelah Slide muncul, kalian pilih Setting

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dimatikan karena Macet

dan carilah tombol Power yang biasanya terletak pada bagian kanan bawah, Pilih Shutdown atau Restart sesuai dengan kebutuhan.

Jika masalah hang yang menyebabkan laptop tidak bisa di matikan, biasanya setelah kita mengarahkan kursor pada pojok kanan, Slide tidak akan muncul dengan cepat, sehingga kita harus menunggu beberapa saat supaya program berjalan dan memunculkan slide tersebut. Tetapi jika Slide tidak kunjung muncul juga setelah beberapa menit, sebaiknya kalian mencoba cara berikutnya.

Menggunakan Tombol Keyboard

Selain Mouse, Keyboard juga dapat di gunakan untuk memberikan perintah, tetapi dengan cara yang berbeda. Jika mouse kita gunakan untuk mengarahkan kursor sehingga dapat memberikan perintah kepada sistem dengan menggunakan tombol klik nya, dengan keyboard kita bisa memasukkan perintah dengan menekan beberapa kombinasi pada tombol keyboard yang merupakan salah satu jalan keluar untuk mengatasi laptop tidak bisa dimatikan.

Untuk mematikan laptop menggunakan Keyboard, caranya sangat simpel sekali yaitu dengan menekan kombinasi tombol Alt + F4 secara bersamaan. Jika kedua tombol tersebut di tekan, biasanya akan muncul jendela “What do you want the Computer to do?” dan kita bisa memilih beberapa opsi yaitu Switch User, Shutdown, Restart, dan Sleep. Jika kita mengalami hang sebagai penyebab Laptop tidak bisa dimatikan, maka kita pilih Shutdown atau restart untuk mengatasinya.
Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dimatikan karena Macet

Cara ini merupakan alternatif untuk mematikan komputer, sehingga tidak di anjurkan untuk digunakan secara terus menerus untuk menjaga kesehatan sistem pada perangkat laptop kita, karena perintah dari keyboard tersebut merupakan jalan pintas memanggil perintah sistem. Sehingga jika para sobat tidak dalam sedang menghadapi masalah apapun, sebaiknya matikan atau restart lah komputer dengan cara sesuai dengan prosedur.

Menggunakan Shortcut

Menggunakan Shortcut merupakan cara paling parktis untuk mengatasi laptop tidak bisa dimatikan terutama karena error atau hang. Cara menggunakannya sangat mudah sekali yaitu dengan klik dua kali pada shortcut yang sudah kita buat dan laptop akan mati secara otomatis.

Shortcut yang akan kita gunakan akan memanfaatkan fitur dari Run Command yang di integrasi pada Windows, dan pada intinya kita membuat file shortcut yang berisi perintah Shutdown. Cara ini memang hampir sama dengan mematikan laptop menggunakan CMD atau Command Promt tetapi lebih praktis karena hanya dengan menggunakan file shortcut.

Cara membuat shortcut untuk mematikan laptop ini sangat mudah sekali yaitu dengan membuat file Shortcut pada dekstop, klik kana dan pilih “New Shortcut” lalu masukan kode berikut : %windir%\system32\shutdown.exe -s -t 0 . dan tekan “Next” sehingga shortcut selesai di buat. Kode tersebut sebenarnya merupakan perintah untuk mematikan laptop atau PC, dan penerapan shortcut ini adalah seperti halnya kita membuat tombol baru untuk mematikan laptop atau PC sehingga kita bisa mengatasi Laptop tidak bisa dimatikan.
Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dimatikan karena Macet

Selain Shutdown, kita juga bisa membuat Shortcut dengan perintah Restart yaitu dengan mengganti kode “shutdown.exe -s -t 0” menjadi “shutdown.exe /r/t 00“, dan untuk perintah Sleep, kita bisa mengganti dengan kode “shutdown.exe/h

Walaupun cara ini memang terbilang sangat praktis untuk mengantisipasi Laptop tidak bisa dimatikan, tetapi kita harus mempersiapkannya terlebih dahulu untuk menggunakan cara ini, karena tentu saja kita tidak akan bisa membuat file shortcut secara mendadak ketika laptop sedang error atau hang.

Mengubah tombol Power

Pada Windows 10 atau Windows 8.1 dengan update terbaru, kita bisa menggunakan fitur darurat dengan memanfaatkan tombol power menjadi tombol Shutdown, cara ini sangat riskan karena tergantung dari cara kita menekan tombolnya. Sebelum mematikan laptop dengan tombol power, kita harus membuat setting an supaya kita bisa menggunakan tombol power untuk mematikan laptop atau PC.

Caranya adalah dengan masuk di Control pannel dan pilih menu “Hardware and Sound

lalu jika sudah masuk pilih “Change what the power buttons to do” lalu ubahlah pada opsi “When I Press the Power Buttons” dari “Sleep” menjadi “Shutdown” lalu tekan OK.
Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dimatikan karena Macet

Dengan begitu kita akan langsung bisa mematikan laptop melalui tombol power dengan cara menekanya sebentar saja seperti ketika menyalakan laptop. Jangan tekan dengan cara menahan tombol power terlalu lama, karena hal tersebut punya fungsi yang lain.

Penerapan tombol power untuk mematikan laptop yang tidak bisa di matikan ini juga merupakan cara yang praktis, karena kita bisa melakukan perintah tanpa menggunakan mouse maupun keyboard yang biasanya sulit di gerakkan ketika laptop mengalami error atau hang, tetapi sebelum menggunakannya kita harus menyetel fungsinya terlebih dahulu.

Jika dari semua cara di atas tidak dapat diterapkan, dengan sangat terpaksa kita harus menggunakan cara mematikan dengan paksa, salah satunya adalah dengan melepaskan baterai laptop secara langsung sehingga laptop akan mati karena tidak ada arus yang menyuplai.

Selain itu kita juga dapat mematikan dengan paksa menggunakan tombol power, yaitu dengan menekan lama pada tombol power sehingga memutuskan arus listrik dan laptop akan mati. Cara ini juga merupakan cara yang kasar dalam mematikan laptop sehingga gunakanlah cara ini ketika dalam keadaan darurat dan terpaksa.

Demikianlah kiat-kiat yang dapat para sobat lakukan untuk mengatasi laptop tidak bisa dimatikan, jika kalian memiliki cara lain yang lebih baik dari beberapa cara di atas, silahkan tinggalkan info kalian pada kolom komentar sehingga bisa menjadi referensi bersama. Semoga dapat bermanfaat.

Bagikan postingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *