Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

  • by
Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa baterai – AsikMain.com. Banyak orang yang beranggapan dengan melepaskan baterai dan menggunakan laptop tanpa baterai dapat membuat baterai lebih awet, karena baterai laptop jarang di gunakan. Memang benar baterai akan lebih awet karena jarang di gunakan, tetapi tidak untuk Laptop yang kita gunakan.

Anggapan tersebut adalah kesalahan besar karena justru akan berdampak buruk pada laptop. Ada beberapa bahaya jika kita menggunakan Laptop tanpa baterai, karena arus tidak tersaring dan langsung masuk ke Motherboard pada laptop. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa keterangan berikut ini terkait menggunakan laptop tanpa baterai.

Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Selain karena terlalu sayang terhadap baterai Laptop, banyak dari para sobat melepaskan baterai, karena baterai laptop sudah bocor. Harga baterai laptop tidaklah murah, maka dari itu banyak orang memilih langsung menghubungkan ke arus listrik tanpa tahu dampak berbahaya yang mengintai. Berikut ini adalah beberapa bahaya Menggunakan laptop tanpa baterai yang harus para sobat ketahui.

1. Motherboard menjadi rusak

Ada perbedaan mendasar dari Laptop dan PC yaitu pada bagian yang berhubungan langsung dengan arus listrik, jika pada PC arus listrik di terima oleh power supply sehingga dari PSU akan di teruskan kepada seluruh komponen dengan kestabilan arus sehingga tidak merusak komponen.

Sedangkan pada Laptop arus listrik di terima oleh baterai yang akan menyaring arus listrik sehingga komponen yang berada pada sirkuit motherboard menerima daya yang stabil karena di dalam baterai tentu ada pengatur daya untuk memasok daya maksimal dengan arus yang sudah di tentukan. Sehingga kaitanya dengan hal ini jika para sobat menyalakan laptop tanpa menggunakan baterai maka Motherboard atau mobo akan langsung menerima pasokan daya secara langsung yang arusnya tentu saja akan sangat berlebihan dan tidak stabil sehingga menyebabkan Motherboard menjadi cepat rusak

Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

sumber : stasiuncomputer.com

Kerusakan pada Motherbord sangat variatif sekali tergantung masa pakai laptop, jika laptop sudah lama biasanya akan mengalami kerusakan yang lebih parah hingga laptop sudah tidak bisa di pakai lagi karena motherboard konslet. Jika Mobo rusak dengan kata lain seluruh laptop juga rusak, karena semua komponen di letakan di atas Mobo.

2. Menyebabkan kerusakan pada Chipset

Selain pada Motherboard, biasanya jika para sobat sering menggunakan laptop tanpa baterai maka kerusakan akan merambah ke Chipset yang menempel pada motherboard. Komponen yang menempel erat pada mobo seperti Processor, RAM, VGA, dan juga dalam jangka panjang Hard Disk juga akan rusak secara permanen karena arus yang tidak stabil dan terlalu besar.

Arus listrik yang diterima oleh motherboard langsung dari adaptor sebenarnya adalah arus yang tidak terlalu buruk, tetapi pada motherboard tidak ada pengatur daya seperti halnya baterai, selain itu jika adaptor yang digunakan sudah tidak normal atau adaptor dengan kualitas rendah, maka akan mengakibatkan kerusakan yang lebih cepat dari seharusnya.

Belilah adaptor yang asli atau original untuk menjaga baterai laptop tetap awat. Para sobat bisa menggunakan adaptor bawaan sehingga daya sesuai dengan laptop. Tetapi tetap saja tidak boleh menggunakan laptop tanpa baterai dengan di charger walaupun menggunakan charger ori, karena sama saja akan berdampak buruk.

3. Sistem Inverter tidak berfungsi

Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

sumber : daraz.pk

Sistem Inverter adalah pengatur tegangan listrik yang masuk ke dalam laptop, jika kita menggunakan laptop tanpa baterai maka sistem inverter ini tidak akan bekerja karena sistem inverter ini berada pada baterai laptop.

Sehingga hal inilah yang sudah disebutkan pada poin di atas kenapa baterai ini dikatakan sebagai penyaring daya, karena di dalam baterai memang sudah tertanam inverter untuk mengatur tegangan listrik yang akan di suplai ke dalam laptop sehingga komponen menerima tegangan listrik tidak terlalu tinggi.

Melepas baterai ketika menggunakan laptop sangat berbahaya karena tanpa melalui inverter, laptop tidak hanya akan mati atau konslet, tetapi bisa sampai terbakar karena arus listrik yang tidak stabil, sehingga tidak dibenarkan para sobat menggunakan laptop tanpa baterai.

5. Laptop akan mati ketika Listrik juga mati

Ketika tiba-tiba listrik mati, laptop juga akan ikut mati karena tidak adanya penyimpanan daya yang bisa di gunakan sebagai cadangan daya supaya laptop tetap menyala, sehingga laptop akan mati secara mendadak yang akan berdampak buruk bagi semua komponen hardware maupun Software nya.

Apa lagi jika para sobat menggunakan laptop dengan usia yang sudah tua, maka tentu saja akan rawan sekali rusak, karena komponen sudah termakan usia dan sudah digunakan sangat lama. Selain itu juga jika laptop mati secara mendadak, data pada Hard disk akan hilang secara permanen yang akan menyebabkan laptop tidak dapat dinyalakan lagi karena semua sistem operasi berada pada hard disk.

Laptop mati secara mendadak ini sangat berpotensi sekali merusak komponen, bisa kita analogikan secara sederhana misalnya kita sedang berlari tetapi tiba-tiba kita di hentikan secara paksa, sehingga terjatuh. Dengan analogi tersebut kita bisa tahu apa yang terjadi jika semua komponen dalam laptop masih berjalan apa lagi digunakan untuk menjalankan program berat lalu berhenti secara mendadak, tentu saja komponen akan menjadi rusak.

6. Terjadi konslet pada komponen

Pada poin terakhir ini merupakan dampak yang paling bahaya, menggunakan laptop langsung menggunakan daya listrik dari adaptor tanpa menggunakan baterai dapat berdampak buruk terutama pada komponen laptop. Kerusakan yang dimaksut adalah terjadinya konslet karena aliran arus listrik yang tidak stabil dan dominan terlalu besar.

Jika hanya rusak saja maka para sobat bisa memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru, tetapi dalam kasus tertentu jika terjadi konslet yang di ikuti temperatur yang cukup tinggi laptop bisa berasap dan mungkin terbakar bahkan meledak, sehingga dapat mengancam keselamatan penggunanya.

Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

sumber : shopback.com

Sudah ada banyak kasus laptop maupun HP yang meledak karena terlalu panas dan mengalami hubungan arus pendek, dan meledak sehingga memakan korban, jadi hal tersebut dapat di jadikan peringatan untuk kita semua supaya jangan menggunakan laptop tanpa baterai.

Pemakaian laptop tanpa baterai ternyata memang sangat berbahaya sekali, karena selain dapat merusak komponen juga berbahaya untuk penggunanya. Beberapa sobat pasti melakukan hal tersebut karena baterai laptop yang sudah mulai boros, sehingga jika para sobat tidak ingin memiliki laptop dengan baterai cepat drop, maka kalian harus merawatnya dengan baik.

Menggunakan laptop tanpa baterai memang sebenarnya memiliki fungsi tersendiri, misalnya saja untuk melakukan kalibrasi baterai secara manual ketika terjadi error pada info daya di layar. Tetapi tentu saja hanya untuk keperluan kalibrasi saja dan tidak untuk penggunaan yang sering.

Demikianlah beberapa  informasi yang dapat para sobat ketahui mengenai bahaya menggunakan laptop tanpa baterai, memang ketika laptop di nyala kan tanpa baterai tentu saja tidak akan langsung rusak, tetapi jika para sobat sering melakukannya, maka cepat atau lambat pasti laptop akan rusak. Semoga dapat bermanfaat.

Bagikan postingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *