Tips Merawat Baterai HP Non Removable Supaya Lebih Awet

Tips Merawat Baterai HP Non Removable Supaya Lebih Awet

AsikMain.com – Tips Merawat Baterai HP Non Removable. Jika dulu kita bisa melepaskan baterai dan mengganti baterai jika rusak, tapi sekarang hal tersebut sulit dilakukan, karena tidak semua orang bisa melepaskan HP dengan jenis penerapan baterai HP non removable atau tidak bisa di lepas.

Saat ini banyak sekali produk HP terbaru yang menggunakan jenis baterai yang tidak bisa di lepas atau Non removable. Alasan utama produsen menerapkan baterai HP non removable adalah karena untuk pengembangan, dengan menggunakan baterai yang tidak bisa dilepas, banyak sekali ruang yang bisa di manfaatkan untuk menaruh komponen tambahan selain itu juga membuat desain HP lebih bagus dengan ukuran yang lebih tipis.

Penerapan baterai tanam atau baterai HP non removable ini tentu saja memiliki kekurangan yaitu pengguna tidak dapat menggantinya dengan mudah, karena selain harus membuka Casing yang terkunci juga dengan penerapan baterai HP non removable biasanya memiliki bentuk baterai yang tidak lazim karena mengikuti desain HP, sehingga walaupun kita bisa membukanya, belum tentu kita bisa membeli penggantinya karena baterai biasanya hanya di jual di toko resmi dari merek tertentu.

Banyak sekali kelebihan baterai tanam dibandingkan baterai yang bisa di lepas, jika para sobat di suruh untuk memilih antara baterai tanam atau baterai yang bisa di lepas, sebaiknya para sobat menjatuhkan pilihan pada baterai tanam, karena dari segi kualitas produsen HP pasti sudah mempertimbangkannya.

Banyak orang beranggapan jika baterai HP non Removable rusak maka akan sulit memperbaikinya, sehingga memilih HP dengan baterai yang Removable. Tetapi anggapan itu tentu saja salah, karena dengan penggunaan yang benar, baterai tanam lebih awet dan mempunyai kualitas lebih baik. Memang desain baterai HP non removable ini tentu saja sudah dipertimbangkan oleh produsen mengenai masalah tersebut, sehingga mereka merancanang baterai dengan komponen yang lebih awet dan lebih berkualitas supaya mampu bersaing di pasaran.

Jika para sobat menginginkan baterai yang awet digunakan, kalian harus merawat dengan baik, pada konten kali ini AsikMain akan menyajikan beberapa tips yang mudah diterapkan untuk merawat baterai HP non removable sehingga menambah usia penggunaanya.

Tips Merawat Baterai HP Non Removable

Pakai Charger Asli

Tips Merawat Baterai HP Non Removable Supaya Lebih Awet

sumber : bangbiw.com

Gunakan lah pengisi daya atau Charger dengan menggunakan Charger Original, karena pengisi daya yang asli tentu saja dirancang secara khusus supaya kompetible dengan perangkat HP nya, sehingga dapat menghindarkan dari kerusakan.

Jika para sobat terpaksa menggunakan Charger yang tidak original atau yang bukan charger bawaan, pastikan arus dari adaptor sama dengan arus dari charger yang asli, selain itu sebaiknya carilah charger dari merek HP yang sama.

Kerusakan karena penggunaan Charger yang tidak asli ini memang tidak akan berdampak langsung, tetapi jika kita tidak menggunakan perangkat asli dalam waktu yang lama, terlebih lagi arus pada adaptor atau kepala charger berbeda, tentu akan membuat baterai cepat rusak.

Hindari pengisian daya secara berlebihan

Walaupun sudah banyak teknologi yang menerapkan pemutusan daya ketika baterai sudah penuh atau Auto discharge, tetapi aturan ini tetaplah sama dari dulu hingga sekarang, karena walaupun HP sudah dilengkapi dengan pemutus arus ketika sudah penuh, arus tetaplah masuk dan ditahan oleh komponen tahanan atau resistor yang terpasang pada bagian pengisian daya, sehingga walaupun tidak berdampak ke baterai, tetapi tidak baik untuk komponen pendukungnya. Sebaiknya kita lebih bijak menggunakan fitur ini, gunakanlah ketika memang di butuhkan saja misalnya ketika tidak sengaja tertidur atau lupa.

Terlalu sering menggunakan Power bank juga tidak bisa dibenarkan, karena arus dari power bank biasanya tidak stabil dan mengakibatkan baterai cepat bocor, sehingga para sobat juga harus bijak dalam menggunakan power bank. Gunakanlah power bank ketika dalam keadaan mendesak saja misalnya ketika beraktivitas di luar ruangan.

Jangan Biarkan HP Mati karena kehabisan Baterai

Tips Merawat Baterai HP Non Removable Supaya Lebih Awet
Baterai HP habis total sering di sebut Critical Level. Pada level tersebut baterai akan susah di isi daya, sehingga membutuhkan rangsangan lebih banyak dengan memasukkan arus listrik secara terus menerus. Jika hal ini sering terjadi, hal buruk tersebut akan menyebabkan baterai cepat ngedrop.

Jika Baterai HP para sobat tinggal 10% ketika di perjalanan, sebaiknya segeralah mengisi dengan power bank untuk menghindari Critical level, saat itu lah power bank digunakan dengan tepat, sehingga jangan menggunakan power bank terlalu sering juga untuk merawat baterai supaya lebih awet.

Saat ini sudah banyak baterai yang akan menyisakan sedikit daya sebelum HP mati untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi sebaiknya kita masih tetap berpegang dengan cara pengisian daya di atas 20% dari kapasitas baterai, supaya baterai tidak cepat rusak. Walaupun HP terbaru sudah memiliki fitur menyisakan sedikit daya, tetapi itu hanyalah fitur pengaman yang sebaiknya kita gunakan secara bijak dan pada waktu yang mendesak saja.

Temperatur lingkungan

Suhu atau temperatur sangat mempengaruhi penggunaan baterai HP non removable, jika kita menggunakan HP dengan temperatur di bawah 18 derajat Celcius, biasanya baterai akan mengalami pengurangan daya, atau ketika di charger tidak akan penuh hingga maksimal karena terjadi pengurangan daya, hal ini tidaklah baik untuk perangkat HP. Dan jika suhu ruangan di atas 35 derajat Celcius, HP akan menjadi lebih panas dan dapat berdampak buruk pada baterai dengan kata lain dapat merusak baterai.

Pastikan untuk selalu menggunakan HP di tempat pada suhu yang di rekomendasikan yaitu antara 18 hingga 35 derajat celcius, karena pada suhu tersebut HP dapat lebih optimal dalam penggunaan baterai tanpa gangguan dari temperatur sekitarnya.

Selain meninjau dari lingkungan, para sobat juga harus memperhatikan ketika meletakkan HP. Jangan biasankan meletakkan HP di tempat yang panas misalnya dekat kompor, di atas oven dan tempat panas lainya, karena tentu saja suhu panas akan merusak komponen HP termasuk baterai.

Hindari Penggunan HP ketika sedang di Charger

Tips Merawat Baterai HP Non Removable Supaya Lebih Awet

sumber : riaureview.com

Menggunakan HP ketika sedang melakukan pengisian daya tentu saja adalah hal buruk yang dapat menyebabkan sel baterai bekerja tidak optimal lagi, dan jika sering dibiasakan, maka HP akan mudah Low bat.

Selain itu, HP yang tersambung langsung dengan aliran listrik tentu saja akan cepat panas ketika kita gunakan, karena selain baterai melakukan pengisian daya, daya baterai HP non removable juga digunakan, sehingga HP akan cepat panas dan berpotensi dapat merusak komponen terutama dari sumber panas yaitu baterai itu sendiri.

Matikan HP ketika tidak digunakan

Banyak sekali orang yang jarang mengistirahatkan HP mereka. Hal tersebut tidak lah benar karena dengan mengistirahatkan alat elektronik termasuk HP, maka akan menambah usia penggunaan perangkat tersebut. Kenapa hal tersebut bisa terjadi?
Karena setiap komponen alat elektronik yang bekerja tentu saja semakin lama akan semakin berkurang nilai gunanya, sehingga dengan mematikan HP misalnya waktu malam hari, komponen akan lebih awet dan baterai tidak cepat aus.

Demikianlah beberapa kiat sederhana untuk merawat baterai HP non removable yang dapat kalian terapkan, beberapa cara tersebut sangat efektif dan tentu saja mudah untuk di prektekan, jika para sobat mempunyai tips yang bagus mengenai perawatan baterai HP non removable, kalian bisa tinggalkan beberapa ulasan di kolom komentar untuk referensi dan bahan diskusi bersama. Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

1 tanggapan pada “Tips Merawat Baterai HP Non Removable Supaya Lebih Awet”

  1. Pingback: Cara Merawat HP Dengan Baik : Merawat HP Berdasarkan Masalah Yang Muncul | AsikMain.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *