Solusi Mengatasi HP Lemot dan Tips Menjaga Performa HP

Solusi Mengatasi Penyebab HP Lemot dan Tips Menjaga Performa HP

AsikMain.com – HP lemot tentu saja sangat mengganggu kita dalam beraktifitas, terutama jika kita orang yang punya mobilits tinggi dan mengharuskan menggunakan HP untuk bekerja. Ada beberapa faktor yang membuat HP lemot atau Smartphone menjadi tidak bekerja dengan optimal, dan sebagian besar faktor penyebabnya adalah kesalahan penggunanya. Misalnya terlalu banyak aplikasi, Virus yang masuk ke dalam HP, RAM dan memori terlalu penuh dan yang lainya.

Selain beberapa faktor yang saya sebutkan diatas, kendala juga bisa datang karena spesifikasi perangkat HP kita yang kurang mendukung. Ketika kita ingin membeli HP atau Smartphone, sebaiknya perhatikanlah spesifikasi HP yang ingin kita beli. Setidaknya perhatikan tiga hal yaitu RAM setidaknya diatas 2 GB, Penyimpanan besar, dan CPU minimal Octacore (4inti).

Saat ini banyak sekali merek HP yang menawarkan produknya dengan harga murah dengan spesifikasi yang tergolong lumayan dan yang pasti anti lemot. Tapi kalau HP para sobat sudah memenuhi 3 kriteria utama diatas tetapi masih berat untuk digunakan, sebaiknya para sobat tidak usah panik, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi masalah HP lemot :

Penyebab HP Lemot dan Solusinya

Terlalu banyak aplikasi terinstal

Solusi Mengatasi Penyebab HP Lemot dan Tips Menjaga Performa HP

sumber : dewailmu.id

Terkadang kita lupa dengan kemampuan HP yang kita miliki dan ingin menginstal banyak aplikasi, dengan menginstal terlalu banyak aplikasi maka akan menyebabkan HP menjadi lemot dan bahkan bisa terjadi crash karena terlalu penuhnya memori internal, eksternal dan juga penggunaan memori RAM.

Aplikasi yang terpasang tentu saja akan menggunakan memori pada HP kita walaupun tidak digunakan, oleh karena itu untuk memantau aplikasi yang terinstal pada HP sebaiknya pantaulah pada Apps Manager untuk mengetahui aplikasi yang berjalan. Terkadang ada aplikasi yang tidak kita gunakan dan memakan memori RAM.

Solusi
Hapuslah beberapa aplikasi yang tidak diperlukan, sehingga perangkat HP yang kita miliki tidak bekerja terlalu berat. Selain itu proses berjalanya aplikasi yang terlalu banyak juga dapat menguras bateari lebh cepat, sehingga menghapus aplikasi yang tidak digunakan adalah langkah efektif untuk mengatasi HP lemot.

Terlalu Banyak File yang disimpan

Solusi Mengatasi Penyebab HP Lemot dan Tips Menjaga Performa HP

sumber : pressburner.com

Kita bisa mencotohkan sebuah truk batu yang membawa batu dalam jumlah banyak, karena terlalu berat truk menjadi berjalan sangat lambat, dan ketika batu sudah diletakan disuatu tempat, beban pada truk hilang, dan truk dapat melaju lebih cepat. Itulah analogi sederhana penggunaan memori pada HP, jika HP kita terlalu banyak dan bahkan penuh pada penyimpananya, tentu saja HP akan berat untuk membaca data dari peyimpanan.

Solusi
Untuk mengoptimalkan kinerja HP kita ditinjau dari masalah penggunaan penyimpanan, sebaiknya hapuslah beberapa file yang sudah tidak diperlukan, dan jika memang semua file masih berguna, kita bisa melakukan backup pada memori eksternal, laptop, atau bisa juga dengan menyimpan pada layanan Cloud seperti Google Drive. Sehingga HP tidak akan terlalu berat ketika membaca data dari penyimpanan.

Penggunaan Antivirus

Sering kali kita takut jika HP kita terkena virus dan menginstal beberapa antivirus pada perangkat kita, hal tersebut bukanlah langkah yang bisa dibenarkan, alih-alih memberantas virus, HP kita malah akan menjadi lemot. Sehingga kita harus bijak dalam hal ini. Antivirus adalah aplikasi dengan cara kerja melakukan pemindaian seluruh data pada HP kita, jika kita memasang lebih dari satu antivirus tentu saja HP menjadi lemot dan kurang optimal.

Solusi
untuk mengatasi HP lemot dengan masalah aplikasi antivirus, sebaiknya kita hanya menginstal satu antuvirus terbaik, dan supaya kinerja antivirus menjadi lebih optimal, kita harus melakukan update secara berkala sehingga aplikasi antivirus dapat memindai dengan sempurna dan HP menjadi bersih dari virus, karena HP terkena virus juga menjadi salah satu alasan HP lemot.

Banyak File Sampah

Solusi Mengatasi Penyebab HP Lemot dan Tips Menjaga Performa HP

sumber : lifeloe.net

File sapah adalah file ketika sistem bekerja, file sampah ini biasanya disebut file temporer. Saat menggunakan HP, sistem akan membuat perintah ke aplikasi dan dari data tersebutlah muncul file dengan ukuran kecil, walupun ukuranya kecil jika tidak dihapus maka akan menumpuk dan HP menjadi lemot.

Solusi
Gunakanlah aplikasi pembersih sistem seperti CCleaner dan Clean master. Sebenarnya ada banyak aplikasi pembersih yang lian tetapi saya hanya merekomendasikan dua aplikasi tersebut untuk membersihkan file temporer. Jika para sobat ingin menggunakan aplikasi lain bukanlah masalah, tetapi yang harus kita ingat adalah tidak semua aplikasi yang bisa kita download dari Google Play maupun App Store adalah aplikasi yang aman, sehingga para sobat harus berhati-hati.

Download CCleaner : Play Store

File Cache Menumpuk

File Cache adalah file yang bertugas menyimpan riwayat penggunaan HP, dan juga melakukan backup, tetapi sering kali file Cache sudah tidak kita butuhkan lagi jika kita melakukan aktifitas penggunaan HP bukan untuk keperluan penting, sehingga file Cache dapat menumpuk dan mengakibatkan HP Lemot seperti halnya file sampah.

Solusi
Solusi untuk membersihkan file Cache sama dengan solusi membersihkan file sampah, karena kedua jenis file tersebut hampir sama, dan letaknya tidak bisa kita jangkau satu per satu untuk dihapus.

Tema HP tidak sesuai

Penggunaan tema HP yang berlebihan juga dapat membuat HP lemot, apa lagi kita memasang screensaver dengan resolusi 3D pada HP dengan RAM 2GB, tentu ini sangat membebankan sistem HP kita. Selain RAM, tema HP juga memakan banyak aktifitas CPU.

Solusi
Gunakanlah tema sederhana, dan sebaiknya gunakan saja tema bawaan dari HP, biasanya Smartphone sudah dilengkapi dengan tema yang kompetible dengan spesifikasinya.

Terlalu banya menginstal Font

untuk mempercantik tampilan HP kita, biasanya pengguna melakukan instalasi tampilan font atau format huruf. Memang dengan tampilan font yang menarik tentu sangat sedap dipandang ketika kita menggunakan HP, tapi sebaiknya kita harus menyesuaikan spesifikasi HP kita.

Font biasanya membawa fitur animasi dan grafis yang bermacam-macam, tentu saja akan membuat HP lemot, apa lagi jika kita memasang lebih dari satu font, tentu akan memperparah kondisi.

Solusi
Jika kita menggunakan HP untuk sesuatu yang penting, sebaiknya gunakan saja font dari HP atau default, sehingga HP tidak terbebani dengan sesuatu yang kurang bermanfaat. Jika HP yang kita miliki memang mendukung untuk pemasangan font, sebaiknya kita lebih bijak dalam menggunakanya, dan jangan menumpuk beberapa font sehingga membebankan kepada sistem dan RAM HP yang membuat HP menjadi lemot.

Meningkatkan Kinerja HP agar tidak Lemot

Dari beberapa masalah yang dipecahkan diatas, sebaiknya kita terus menjaga performa HP yang kita miliki. Berikut ini adalah cara yang ampuh untuk menjaga performa HP kita supaya tidak lemot.

Jangan membuka aplikasi secara bersamaan

Para sobat pasti pernah mengalami hal ini, dan ya tentu saja HP akan menjadi lemot karena CPU dan RAM bekerja terlalu banyak ketika kita membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Pastikan memori tidak penuh

Pada masalah dan solusi diatas, sudah saya paparkan mengenai analogi tentang masalah ini, dan sebaiknya kita melakukan pengecekan secara berkala untuk melihat kapasitas penyimpanan HP, karena terkadang kita lupa sudah berapa banyak menyimpan data di HP kita.

Update Software

Melakukan update software juga salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kinerja HP tetap stabil.

Gunakan MicroSD dengan kualitas bagus

Solusi Mengatasi Penyebab HP Lemot dan Tips Menjaga Performa HP

sumber : indoworx.com

MicroSD dengan kualitas bagus memiliki kecepatan transfer yang lebih unggul, sehingga akan membuat akses sistem ke penyimpanan menjadi lebih ringan dan cepat.

Itulah beberapa Tips dan Solusi mengatasi HP lemot, tetapi jika HP yang kita miliki masih sama saja, maka kita sebaiknya meninjau kembali berapa lama kita sudah menggunakan HP tersebut atau adakah hardware yang bermasalah. Barang elektronik yang digunakan memang semakin lama akan semakin menurun nilai fungsinya begitu juga dengan HP, dan pada saat tertentu kita membutuhkan yang HP baru. Semoga dapat menginspirasi.

Bagikan postingan

4 tanggapan pada “Solusi Mengatasi HP Lemot dan Tips Menjaga Performa HP”

  1. Pingback: 8 Aplikasi Antivirus Smartphone Terbaik 2020 | Neko Tech

  2. Pingback: 5 Aplikasi Cleaner HP Android Terbaik Tahun 2020 | Neko Tech

  3. Pingback: 5 Aplikasi Cleaner HP Android Terbaik Tahun 2020 – AsikMain.com

  4. Pingback: 8 Aplikasi Antivirus Smartphone Terbaik 2020 – AsikMain.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *